Edukasi Media Tote Bag Merubah Pengetahuan Serta Sikap Kader Posbindu Dalam Pengukuran Antropometri Dan Gizi Seimbang Lansia

Sarah Ameilia Subagyo Bio | Laras Sitoayu | Idrus Jus’at Bio | Nazhif Gifari Bio | Harna Harna Bio
Article History

Submited : March 22, 2021
Published : July 9, 2021

Kader posyandu lansia (Posbindu) mempunyai peranan penting dalam kegiatan Posbindu. Beberapa tugas kader adalah mengukur tinggi dan berat badan lanjut usia (lansia) juga memberikan edukasi mengenai gizi seimbang untuk lanjut usia (lansia), akan tetapi kader belum melakukan pengukuran tinggi badan serta berat badan dengan tepat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah pemberian media tote bag dapat mempengaruhi perubahan pengetahuan serta sikap kader posbindu dalam pengukuran antropometri dan gizi seimbang pada lansia. Desain penelitian memakai metode Quasi Eksperiment dengan desain one group pre-test dan post-test pada 35 responden kader Posbindu di wilayah Pondok Kacang Timur, Pondok Aren, Tangerang Selatan. Mengukur perubahan pengetahuan serta sikap menggunakan kuesioner pre-post test. Uji analisis bivariat yang di gunakan adalah Uji Paired Sample T-test untuk data yang berdistribusi normal dan Uji Wilcoxon untuk data yang berdistribusi tidak normal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada perubahan rata-rata nilai pengetahuan dan sikap kader Posbindu dalam pengukuran antropometri dan gizi seimbang pada lansia dibandingkan sebelum dan sesudah intervensi. Pemberian edukasi dengan media tote bag dapat merubah pengetahuan serta sikap kader Posbindu dalam pengukuran antropometri dan gizi seimbang pada lansia

Anna, A. N., Chusniatun, C., & Rudiyanto, R. (2017). Kegiatan Penyuluhan Gizi Lansia di Posyandu Aisyiah, Mawar Biru, dan Anggrek Berseri Kelurahan Serengan. URECOL, 103–112.
Bertalina, B. (2016). Pengaruh Promosi Kesehatan terhadap Peningkatan Pengetahuan tentang Gizi Seimbang pada Siswa Sekolah Dasar Negeri di Kecamatan Rajabasa Kota Bandar Lampung. Jurnal Kesehatan, 6(1).
Erpandi. (2014). Posyandu Lansia; Mewujudkan Lansia Sehat, Mandiri, dan Produktif. EGC.
Fatmah, F., & Nasution, Y. (2012). Peningkatan Pengetahuan dan Keterampilan Kader Posbindu dalam Pengukuran Tinggi Badan Prediksi Lansia, Penyuluhan Gizi Seimbang dan Hipertensi Studi di Kecamatan Grogol Petamburan, Jakarta Barat. Media Medika Indonesiana, 46(1), 61–68.
Kartini, T. D., Manjilala, M., & Yuniawati, S. E. (2019). Pengaruh Penyuluhan terhadap Pengetahuan dan Praktik Gizi Seimbang pada Anak Sekolah Dasar. Media Gizi Pangan, 26(2), 201–208.
Kemenkes, R. (2010). Pedoman Pembinaan Kesehatan Lanjut Usia Bagi Petugas Kesehatan. Direktorat Bina Kesehatan Komunitas.
M Fitri, H., & Mardiana. (2011). Keterampilan Kader Posyandu Sebelum dan Sesudah Pelatihan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 25–31. http://journal.unnes.ac.id/index.php/kemas
Mulyasari, I., & Purbowati, P. (2018). Lingkar Lengan Atas dan Panjang Ulna Sebagai Parameter Antropometri untuk Memperkirakan Berat Badan dan Tinggi Badan Orang Dewasa. Jurnal Gizi Indonesia (The Indonesian Journal of Nutrition), 7(1), 30–36.
Rahmawati, E. (2016). Pengaruh Pelatihan Care for Child Development Terhadap Pengetahuan dan Sikap Kader Posyandu di Kota Yogyakarta. Repository Universitas Gajahmada.
Riski, F., Kartasurya, M. I., & Pradigdo, S. F. (2018). Penggunaan Tinggi Lutut dan Panjang Depa Sebagai Prediktor Tinggi Badan dan Indeks Massa Tubuh pada Lansia di Kelurahan Sambiroto Kota Semarang. Jurnal Kesehatan Masyarakat (e-Journal), 6(5), 378–387.
Sari, E. K., Ulfiana, E., & Rachmawati, P. D. (2012). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Gosok Gigi dengan Metode Permainan Simulasi Ular Tangga terhadap Perubahan Pengetahuan, Sikap, dan Aplikasi Tindakan Gosok Gigi Anak Usia Sekolah di SD Wilayah Paron Ngawi. Indonesian Journal of Community Health Nursing, 1(1).
Shrestha, A., & Angolkar, M. (2014). Impact of Health Education on the Knowledge and Practice Regarding Personal Hygiene Among Primary School Children in Urban Area of Karnataka, India. IOSR Journal of Dental and Medical Sciences, 13(4), 86–89.
Sitoayu, L., & Sudiarti, T. (2012). Studi Validasi Pengukuran Antropometri dan Model Prediksi Terhadap Persen Lemak Tubuh BIA pada Siswa MTS dan MA Multiteknik Yayasan Asih Putera Cimahi Tahun 2012. Forum Ilmiah, 13.
Suharyat, Y. (2009). Hubungan Antara Sikap, Minat dan Perilaku Manusia. Jurnal Region, 1(3), 1–19.
Supariasa. (2011). Pendidikan dan Konsultasi Gizi. Buku Kedokteran EGC.
Wahyutomo, A. H. (2010). Hubungan Karakteristik dan Peran Kader Posyandu dengan Pemantauan Tumbuh Kembang Balita di Puskesmas Kalitidu-Bojonegoro. UNS (Sebelas Maret University).
Subagyo, S., Sitoayu, L., Jus’at, I., Gifari, N., & Harna, H. (2021). Edukasi Media Tote Bag Merubah Pengetahuan Serta Sikap Kader Posbindu Dalam Pengukuran Antropometri Dan Gizi Seimbang Lansia. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 5(1), 87 - 94. https://doi.org/10.22487/ghidza.v5i1.229
Fulltext