Sistem Penyelenggaraan Makanan, Preferensi Menu dan Tingkat Kepuasan di PPLP Jawa Barat
Article History
Submited : October 9, 2020
Published : July 7, 2021
Preferensi konsumen menggambarkan suatu kecenderungan perilaku konsumen pada pola konsumsi dan daya tarik mereka terhadap nilai-nilai yang disediakan oleh pihak penyelenggara makanan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisa penyelenggaraan makanan, hubungan preferensi menu dengan tingkat kepuasan makanan di Pusat Pendidikan Latihan Pelajar (PPLP) Jawa Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian Cross Sectional dengan metode survey observational. Sampel sebanyak 81 responden dengan menggunakan teknik pengambilan sampel purposive sampling. Analisa statistik menggunakan Uji Korelasi Pearson. Penelitan ini menunjukkan bahwa preferensi menu memiliki hubungan dengan tingkat kepuasan makanan (p=0.000), tidak ada hubungan antara variasi menu dengan tingkat kepuasan makanan (p=0.630), penampilan makanan memiliki hubungan dengan tingkat kepuasan makanan (p=0.000), dan rasa makanan memiliki hubungan dengan tingkat kepuasan makanan (p=0.000). Semakin pihak institusi memperhatikan preferensi menu atlet, maka atlet akan merasa puas dengan penyelenggaraan makanan yang disediakan institusi
Aruben, R., Azzahra, S. K., & Suyatno. (2017). Hubungan Karakteristik Narapidana, Preferensi Penampilan, Rasa, dan Menu Makanan dengan Sisa Makanan. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), 85–92. https://media.neliti.com/media/publications/111297-ID-hubungan-karakteristik-narapidana-prefer.pdf
Damayanti, S. (2014). Hubungan Variasi Menu, Besar Porsi, Sisa Makanan, dan Tingkat Kepuasan Pasien Pada Makanan Lunak Di Rumah Sakit Umum Daerah Cengkareng. Universitas Esa Unggul.
Febrianti, D. (2009). Penyelenggaraan Makanan, Tingkat Konsumsi dan Analisis Preferensi Atlet di SMA Negeri Ragunan Jakarta. Institut Pertanian Bogor.
Hafidz Asy’ari Hasbullah, U., Setiyowati, E., Widiatmi, N., Fauzi Dzulqarnaen, F., Noor, Z., & Aminah, S. (2017). Sistem Penyelenggaraan Dan Pengelolaan Makanan Bagi Atlet Sepak Bola. Jurnal Jendela Olahraga, 2(1), 148–154. https://doi.org/10.26877/jo.v2i1.1300
Juariah, J. (2007). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sisa Makanan Biasa pada Pasien Kelas III Rawat Inap di Rumah Sakit Umum Dr. Soedarso Pontianak. Universitas Gadjah Mada.
Kemenkes RI. (2013). Pedoman Gizi Olahraga Atlet. Kementrian Kesehatan RI.
Kustiyoasih, M. P., Adriani, M., & Nindya, T. S. (2017). Penyelenggaraan Makanan Dan Kepuasan Konsumen Di Kantin Lantai 2 Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya. Media Gizi Indonesia, 11(1), 11. https://doi.org/10.20473/mgi.v11i1.11-16
Lumbantoruan, D. B. S. (2012). Hubungan Penampilan Makanan dan Faktor Lainnya dengan Sisa Makanan Biasa Pasien Kelas 3 Seruni RS Puri Cinere Depok Bulan April-Mei 2012. Universitas Indonesia.
Moehyi, S. (1992). Penyelenggaraan Makanan Institusi dan Jasa Boga. Bharata.
Nareswara, A. S. (2017). Hubungan Kepuasan Pasien dari Kualitas Makanan Rumah Sakit dengan Sisa Makanan di RSUD Kota Semarang. Ilmu Gizi Indonesia, 01(01), 34–39.
Nurdianty, I., Radhiyah, N., Dachlan, D. M., & Nawir, N. (2012). Food Management and Satisfaction Level of Athletes in Student Training and Education Center, Department of Education Youth and Sports Makassar. Media Gizi Masyarakat Indonesia, 1(2).
Purba, R. ., Kandou, G., & Laode, A. C. (2013). Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Tingkat Kepuasan Pasien Pada Penyelenggaraan Makanan Di Blu Irina C. Rumah Sakit Umum Pusat Prof. Dr. R. D. Kandou Manado. Universitas Sam Ratulangi Manado
Rotua, M., & Siregar, R. (2014). Manajemen Sistem Penyelenggaraan Makanan Institusi Dasar. Buku Kedokteran EGC.
Syafrizar, & Welis, W. (2009). Gizi Olahraga. In Ilmu Gizi:Teori & Aplikasi. https://doi.org/10.1016/0198-0254(79)90606-X
Tanuwijaya, L. K. dkk. (2019). Kepuasan Pasien Terhadap Variasi Bahan Makanan di Rumah Sakit. Jurnal Gizi, 8, 50–58. https://www.researchgate.net/publication/326122173_Sisa_Makanan_Pasien_Rawat_Inap_Analisis_Kualitatif/download
Wahyunani, B. D. (2017). Hubungan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Gizi Dengan Sisa Makanan Pasien VIP Di Rumah Sakit Panti Rapih Yogyakarta. Politeknik Kesehatan Kementrian Kesehatan Yogyakarta.
Copyright (c) 2021 Ghidza: Jurnal Gizi dan Kesehatan
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.