Efektivitas Chatbot sebagai Media Edukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil terkait Gizi dan Anemia Gizi

Andi Muhammad Asrul Irawan | Putri Cholidhazia Bio | Titik Koiriyah Bio | Khalda Rahmah Orchidhea Bio | Kyla Denaneer Bio | Harna Harna Bio
Article History

Submited : December 20, 2023
Published : December 27, 2023

Anemia zat besi merupakan salah satu isu penting pada ibu hamil, yang berdampak negatif pada ibu dan anak, perlu pemahaman terkait anemia gizi pada ibu hamil untuk mencegah dampak yang dapat ditimbulkan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas chatbot sebagai alat edukasi yang dapat meningkatkan pengetahuan dan sikap tentang gizi dan anemia gizi. Metode yang digunakan adalah desain penelitian eksperimental pre dan post tes dengan sampel 30 wanita, yang terdiri dari ibu hamil. Responden pada penelitian ini adalah wanita dengan usia paling banyak 18-25 tahun (33.3%), di mana 16.7% di antaranya mengalami anemia, serta sebagian besar (36.7%) memiliki tingkat pendidikan setingkat SD. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan pengetahuan responden setelah intervensi chatbot (Rata-rata pre=9.67, post=10.93; p=0.01), walaupun perubahan sikap tidak signifikan secara statistik (Rata-rata pre=36.57, post=37.2; p=0.32). Kesimpulan nya, chatbot efektif dalam meningkatkan pengetahuan terkait gizi dan anemia gizi. Penelitian lebih lanjut perlu dilakukan untuk melihat efek intervensi ini pada perubahan sikap, dengan periode intervensi yang lebih lama dan melibatkan lebih banyak responden. Penelitian ini juga menyarankan penggunaan metode dan pendekatan intervensi yang berbeda untuk melihat efektivitas nya dalam mempengaruhi sikap dan perilaku.

Ahmad, A., Wagustina, S., Dwiriani, C. M., Estuti, W., Salfiyadi, T., Arnisam, A., & Fitrianingsih, E. (2022). The Efficacy of Nutrition Education on Anemia and Upper Arm Circumference among Pregnant Women in Aceh Besar District of Indonesia during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Gizi Dan Pangan, 17(1), 27–36. https://doi.org/10.25182/jgp.2022.17.1.27-36
Asensio-Cuesta, S., Blanes-Selva, V., Conejero, A., Portolés, M., & García-Gómez, M. (2022). A user-centered chatbot to identify and interconnect individual, social and environmental risk factors related to overweight and obesity. Informatics for Health & Social Care, 47(1), 38–52. https://doi.org/10.1080/17538157.2021.1923501
Cameron, G., Cameron, D., Megaw, G., Bond, R., Mulvenna, M., O’Neill, S., Armour, C., & McTear, M. (2017). Towards a chatbot for digital counselling. HCI 2017: Digital Make Believe - Proceedings of the 31st International BCS Human Computer Interaction Conference, HCI 2017, 2017-July. https://doi.org/10.14236/EWIC/HCI2017.24
Darmawati, Syahbandi, Fitri, A., & Audina, M. (2020). Pengukuran Peluang dan Prevalensi Anemia Defisiensi Zat Besi pada Wanita Post Partum. Media Karya Kesehatan, 3(2). https://doi.org/10.24198/MKK.V3I2.28140
Durall, E., & Kapros, E. (2020). Co-design for a competency self-assessment chatbot and survey in science education. Lecture Notes in Computer Science (Including Subseries Lecture Notes in Artificial Intelligence and Lecture Notes in Bioinformatics), 12206 LNCS, 13–24. https://doi.org/10.1007/978-3-030-50506-6_2/COVER
Harna, H., Yudhya Muliani, E., Mertien, S., Purwara Dewanti, L., & Irawan, M. A. (2020). Prevalensi dan Determinan Kejadian Anemia Ibu Hamil. Digilib.Esaunggul.Ac.Id, 4(2). https://doi.org/10.33757/jik.v4i2.289.g125
Hisan, U. K., Miftahul, M., & Corresponding, A. (2022). Peran Chatbot dalam Menangani Masalah Kesehatan Mental selama Pandemi COVID-19: Tinjauan Mini. Bincang Sains Dan Teknologi, 1(01), 1–11. https://doi.org/10.56741/bst.v1i01.33
Lee, Y. C., Yamashita, N., & Huang, Y. (2020). Designing a Chatbot as a Mediator for Promoting Deep Self-Disclosure to a Real Mental Health Professional. Proceedings of the ACM on Human-Computer Interaction, 4(CSCW1). https://doi.org/10.1145/3392836
Maenhout, L., Peuters, C., Cardon, G., Compernolle, S., Crombez, G., & DeSmet, A. (2021). Participatory Development and Pilot Testing of an Adolescent Health Promotion Chatbot. Frontiers in Public Health, 9. https://doi.org/10.3389/FPUBH.2021.724779
Manav, A. I., Gozuyesil, E., & Tar, E. (2021). The Effects of the Parenting Education Performed through Whatsapp on the Level of Maternal-Paternal and Infant Attachment in Turkey. Journal of Pediatric Nursing: Nursing Care of Children and Families, 61, e57–e64. https://doi.org/10.1016/j.pedn.2021.04.018
Mash, R., Schouw, D., & Fischer, A. E. (2022). Evaluating the Implementation of the GREAT4Diabetes WhatsApp Chatbot to Educate People With Type 2 Diabetes During the COVID-19 Pandemic: Convergent Mixed Methods Study. JMIR Diabetes, 7(2), e37882. https://doi.org/10.2196/37882
Mendoza, S., Sánchez-Adame, L. M., Urquiza-Yllescas, J. F., González-Beltrán, B. A., & Decouchant, D. (2022). A Model to Develop Chatbots for Assisting the Teaching and Learning Process. Sensors 2022, Vol. 22, Page 5532, 22(15), 5532. https://doi.org/10.3390/S22155532
Muh, A., Irawan, A., Yusuf, A. M., Giovani, S., Sasaerila, H. Y., Pratama, A. J., Aribowo, B., Nurlatifah, H., Masjid, K., Al, A., Sisingamangaraja, A. J., & Baru, K. (2021). Pemberdayaan Masyarakat dalam Penanganan Pandemic Covid-19 Melalui Penerapan Alat Respira PAPR. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat Universitas Al Azhar Indonesia, 4(1), 30–36. https://doi.org/10.36722/JPM.V4I1.1003
Palanica, A., Flaschner, P., Thommandram, A., Li, M., & Fossat, Y. (2019). Physicians’ perceptions of chatbots in health care: Cross-sectional web-based survey. Journal of Medical Internet Research, 21(4), e12887. https://doi.org/10.2196/12887
Persis, J., Kathirvel, S., Chopra, S., & Singh, A. (2023). Effectiveness of mHealth-based educational interventions to improve self-care during pregnancy: A pragmatic randomized controlled trial from northern India. International Journal of Gynecology and Obstetrics. https://doi.org/10.1002/ijgo.14792
Raji, V. P. H., & Uma Maheswari, P. (n.d.). COVID-19 Lockdown in India: An Experimental Study on Promoting Mental Wellness Using a Chatbot during the Coronavirus. https://doi.org/10.32604/ijmhp.2022.011865
Sembada, S. D., Pratomo, H., Fauziah, I., Amani, S. A., Nazhofah, Q., & Kurniawati, R. (2022). PEMANFAATAN MEDIA ONLINE SEBAGAI SARANA EDUKASI KESEHATAN PADA REMAJA : TINJAUAN LITERATUR. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(1), 564–574. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i1.3110
Sukmawati, Mamuroh, L., & Nurhakim, F. (2019). Pengaruh Edukasi Pencegahan dan Penanganan Anemia Terhadap Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil. Jurnal Keperawatan BSI, VII(1), 42–47.
Sulistianingsih, A., & Hasyim, D. I. (2021). PENGARUH EDUKASI PERSALINAN VIA WHATSAPP GROUP TERHADAP PENGETAHUAN IBU HAMIL MENGHADAPI PERSALINAN DI KABUPATEN PRINGSEWU. Jurnal Ilmiah Kesehatan, 10(2), 85–94. https://doi.org/10.52657/JIK.V10I2.1472
Yadav, D., Dabas, K., Malik, P., Bhandari, A., & Singh, P. (2022). “Should I visit the clinic”: Analyzing WhatsApp-mediated Online Health Support for Expectant and New Mothers in Rural India. Conference on Human Factors in Computing Systems - Proceedings. https://doi.org/10.1145/3491102.3517575
Irawan, A., Cholidhazia, P., Koiriyah, T., Orchidhea, K., Denaneer, K., & Harna, H. (2023). Efektivitas Chatbot sebagai Media Edukasi untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Ibu Hamil terkait Gizi dan Anemia Gizi. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 7(2), 337-346. https://doi.org/10.22487/ghidza.v7i2.1054
Fulltext