Kebiasaan Sarapan, Kualitas Tidur, Dan Dukungan Orangtua Terhadap Konsentrasi Belajar Selama Pandemi COVID 19

Sukma Wati Bio | Harna Harna Bio | Rachmanida Nuzrina Bio | Laras Sitoayu Bio | Lintang Purwara Dewanti Bio
Article History

Submited : October 18, 2020
Published : July 7, 2021

Masalah yang sering ditemukan pada anak usia sekolah dasar yaitu masalah konsentrasi penyebab anak sulit berkonsentrasi saat belajar adalah karena tidak tertarik dan tidak suka dengan materi yang dipelajari serta metode yang digunakan. Konsentrasi siswa pada usia sekolah dasar menjadi lebih selektif, beradaptasi, dan terencana. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi konsentrasi belajar ada dua yakni faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal meliputi pskiologis dan fisiologis sedangkan faktor eksternal meliputi keadaan sosial dan non sosial yang termasuk kedalam faktor internal diantaranya kebiasaan sarapan, kualitas tidur, dan dukungan orangtua. penelitian ini merupakan gabungan dari 3 faktor dominan yang berpengaruh secara langsung yaitu kebiasaan sarapan, kualitas tidur, dan dukungan orangtua. Untuk melihat mana yang paling berhubungan dengan konsentrasi belajar. Untuk mengetahui hubungan kebiasaan sarapan, kualitas tidur, dan dukungan orang tua terhadap konsentrasi belajar di SDN Karawaci 13 Kota Tangerang. Menggunakan desain penelitian cross sectional dengan pendekatan observasi (pengamatan) dan wawancara. Adapun yang di observasi adalah kebiasaan sarapan, kualitas tidur, dukungan orang tua, serta konsentrasi belajar anak SDN Karawaci 13 Kota Tangerang. Sampel penelitian ini yaitu 68 Anak Usia Sekolah Dasar yang terdiri dari kelas 4 dan 5 SD. Uji statistik menggunakan uji chi- square. Dari penelitian ini karakteristik responden Menunjukkan bahwa responden penelitian mayoritas berjenis kelamin laki-laki yaitu sebanyak 39 orang (57,4%). Untuk frekuensi usia responden mayoritas siswa SDN Karawaci 13 Berusia 11 tahun sebanyak  34 orang (50%). Dan distribusi berdasarkan kelas siswa mayoritas siswa kelas 5 B sebanyak 23 orang (33,8%). Hasil uji statistik hubungan antara Kebiasaan Sarapan (0,040), dan Dukungan Orangtua (0,017) menunjukkan adanya hubungan yang signifikan (p≤0,05) Terhadap Konsentrasi Belajar. Terdapat hubungan yang signifikan antara kebiasaan sarapan, dukungan orangtua terhadap konsentrasi belajar di SDN Karawaci 13 Selama Pandemi COVID 19, Tidak terdapat hubungan yang signifkan Antara kualitas tidur terhadap konsentrasi Belajar di SDN Karawaci 13 Selama Pandemi COVID 19.

Afriansyah, D., Dadi, S., & Hasnawati, H. (2014). Hubungan Antara Dukungan Orang Tua Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ips Dikelas VI SD Negeri 68 Kota Bengkulu [PhD Thesis]. Universitas Bengkulu.
Aji, R. H. S. (2020). Dampak COVID-19 pada pendidikan di indonesia: Sekolah, keterampilan, dan proses pembelajaran. Salam: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-i.(7), 5, 395–402.
Almatsier, S., Soetardjo, S., & Soekatri, M. (2011). Gizi Seimbang dalam Daur Kehidupan. Gramedia Pustaka Utama.
Andriani, A. (2016). Hubungan Kualitas Tidur terhadap Konsentrasi Belajar Mahasiswa Akademi Kebidanan Internasional Pekanbaru Tahun 2016. Scientia Journal, 4(4), 383–390.
Annisa, P. A., & Tanziha, I. (2014). Densitas Energi Konsumsi, Status Gizi, Dan Daya Ingat Sesaat Anak Usia Sekolah Dasar. Jurnal Gizi Dan Pangan, 9(3), Article 3. https://doi.org/10.25182/jgp.2014.9.3.%p
Berk, L. E. (2012). Development Through The Lifespan–Dari Prenatal Sampai Remaja. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Devi, N. (2012). Gizi Anak Sekolah. Kompas. https://opac.perpusnas.go.id/DetailOpac.aspx?id=818477#
Ferawati, & Sundari, S. (2017). Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Belajar Siswa-Siswi SD Muhammadiyah Karang Tengah Imogiri Bantul Yogyakarta. Jurnal Ilmu Kebidanan, 4(1), 53–61.
Gunawan, A. W. (2015). Mengapa Anak Sulit Konsentrasi. http://adiwgunawan.com/?p=article&action=shownews&pid=257
Hakim, A., Utami, N., & Maulida, A. (2016). Hubungan Asupan Protein Dan Status Gizi Dengan Prestasi Belajar Siswa SMP Al-Azhar Palu 2014. Preventif: Jurnal Kesehatan Masyarakat, 5(2), Article 2. http://jurnal.untad.ac.id/jurnal/index.php/Preventif/article/view/5749
Irawan, A. M. A., Umami, Z., Yusuf, A. M., & Harna, H. (2020). Aktivitas Fisik, Durasi Tidur dan Tingkat Kecukupan Energi pada Anak Obesitas di SD Islam Al Azhar 1. JURNAL Al-AZHAR INDONESIA SERI SAINS DAN TEKNOLOGI, 5(4), 186–190.
Istiany, A. R. (2013). Gizi Terapan. PT Remaja Rosdakarya.
Julaiha, S. (2011). Balanced Score Card (BSC) sebagai Alternatif Pengukuran Kinerja Lembaga Pendidikan. Dinamika Ilmu: Jurnal Pendidikan, 11(2).
Legault, L., Green-Demers, I., & Pelletier, L. (2006). Why do high school students lack motivation in the classroom? Toward an understanding of academic amotivation and the role of social support. Journal of Educational Psychology, 98(3), 567–582. https://doi.org/10.1037/0022-0663.98.3.567
Muhith, A. (2015). Pendidikan keperawatan jiwa: Teori dan aplikasi. Penerbit Andi.
Potter, P. A., & Perry, A. G. (2015). Buku Ajar Fundamental Keperawatan: Konsep, Proses, Dan Praktik (Ed. Ke-4). EGC.
Retnaningsih, D., & Kustriyani, M. (2018). Hubungan Antara Kualitas Tidur dengan Konsentrasi Belajar pada Anak Usia Sekolah di SD Negeri 3 Candisari Kecamatan Purwodadi Kabupaten Grobogan. Jurnal Ners Widya Husada, 1(1).
Rianti, D. F., & Rahardjo, P. (2014). Kontrol Diri Pada Peserta Didik Di SMP Negeri 2 Kutasari, Purbalingga Tahun Pelajaran 2012/2013. Psycho Idea, 12(1), Article 1. https://doi.org/10.30595/psychoidea.v12i1.518
Robotham, D., Chakkalackal, L., & Cyhlarova, E. (2011). The impact of sleep on health and wellbeing. Mental Health Foundation.
Saputri, I. (2014). Hubungan Kebiasaan Sarapan Pagi Dengan Konsentrasi Belajar Anak Usia Sekolah Di SD Negeri 69 Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh. ETD Unsyiah, 1(1), Article 1. http://etd.unsyiah.ac.id/index.php?p=show_detail&id=7964
Savitri, A. (2019). Studi Korelasi Antara Kecemasan Menghadapi Ujian Dan Kualitas Tidur Dengan Kemampuan Konsentrasi Belajar Pada Mahasiswa Program Studi Ilmu Keperawatan UPN “Veteran” Jakarta [PhD Thesis]. Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jakarta.
Soemanto, W. (2012). Psikologi pendidikan: Landasan kerja pemimpin pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.
Sudarmawan. (2013). The Relationship Between Knowledge And Attitudes About The Various Snack Choice With The Food Selecting Of Children’s Behavior In Sdn Sambikerep II/480 Surabaya. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 1. https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/jurnal-pendidikan-jasmani/article/view/2811
Suwardhani, F. M., Irdawati, S. K., Suryandari, D., & Ns, S. K. (2013). Perbedaan Tingkat Konsentrasi Pada Siswa Yang Melakukan Sarapan Pagi Dengan Yang Tidak Melakukan Sarapan Pagi Di SDN Gondang III Kecamatan Nawangan Pacitan [PhD Thesis]. Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Syamsoedin, W. K. P., Bidjuni, H., & Wowiling, F. (2015). Hubungan Durasi Penggunaan Media Sosial Dengan Kejadian Insomnia Pada Remaja Di SMA Negeri 9 Manado. JURNAL KEPERAWATAN, 3(1), Article 1. https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/jkp/article/view/6691
Wati, S., Harna, H., Nuzrina, R., Sitoayu, L., & Dewanti, L. (2021). Kebiasaan Sarapan, Kualitas Tidur, Dan Dukungan Orangtua Terhadap Konsentrasi Belajar Selama Pandemi COVID 19. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 5(1), 24 - 35. https://doi.org/10.22487/ghidza.v5i1.164
Fulltext