Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Leaflet dan Video Kementerian Kesehatan terhadap Pengetahuan tentang Isi Piringku pada Anak Usia Sekolah di SDN 21 Sanggalea Kabupaten Maros

Mar'atul Islam | Andi Rahmaniar MB Bio | Kurnia Yusuf Bio | St. Masithah Bio | Syafruddin Syafruddin Bio
Article History

Submited : February 19, 2024
Published : June 5, 2024

Informasi pendidikan gizi merupakan peran penting dalam kehidupan sehari–hari. Kurangnya pemahaman tentang gizi seimbang dapat menimbulkan berbagai masalah kesehatan dan gizi. Ketidakseimbangan asupan makanan baik gizi kurang maupun gizi berlebih akan menghambat pertumbuhan dan perkembangan manusia yang merupakan salah satu permasalahan yang terjadi. Adapun tujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh pemberian edukasi gizi menggunakan leaflet dan Video Kementerian Kesehatan terhadap pengetahuan tentang Isi Piringku pada anak usia sekolah di SDN 21 Sanggalea Kabupaten Maros.Penelitian ini mengacu pada pendekatan penelitian kuantitatif dengan desain penelitian pre-post test two group design,kelompok intervensi media leaflet dan kelompok pembanding media video. Perbedaan pengetahuan pada media leaflet dan media video yaitu  pada media leaflet 11,09 sedangkan pada media video 7,11. Pada nilai median pengetahuan edukasi menggunakan media leaflet yaitu 12,00 dan nilai media yaitu 7,00. Selain itu, nilai Sig. (2-tailed) atau nilai probabilitas dalam Uji Wilcoxon adalah 0.000 Hasil tersebut jika dibandingkan dengan taraf signifikasi 5% (0,05) maka nilai Sig. (2-tailed). Pada hasil uji Wilcoxon Signed Ranks Test didapatkan nilai Sig. (2-tailed) atau nilai probabilitas adalah 0.000. Oleh karena nilai p-value < α (0,05), maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh pengetahuan sebelum dan sesudah diberikan edukasi mengenai isi piringku di SDN 21 Sanggalea Kabupaten Maros.

1. Andriyani, S., & Kurniasari, R. (2022). Pengaruh Edukasi Melalui Media Audiovisual (Animasi) Terhadap Pengetahuan Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar. PREPOTIF : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 6(2), 1686–1690. https://doi.org/10.31004/prepotif.v6i2.4414
2. Budiono, I., Putriningtyas, N. D., Indrawati, F., Kasman, K., & Kurniawan, F. (2022). Upaya Peningkatan Pengetahuan Tentang Gizi Seimbang Melalui Edukasi dengan Media Permainan Ular Tangga pada Siswa Sekolah Dasar. 2(2), 87–95.
3. Hanifah H et, al (2023). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Melalui Media Kertas Gantung Terhadap Pengetahuan Anak Sekolah Dasar Tentang Jajanan Sehat. Jurnal Ners Volume 7 Nomor 1Tahun 2023 Halaman 501 – 505
4. Herlinadiyaningsih et,al (2022). Efektivitas Media Video Dan Leaflet Terhadap Tingkat Pengetahuan Dan Sikap Tentang Menstrual Hygiene Di Ma Darul Ulum Palangka Raya. Jurnal Surya Medika (JSM), Vol 8 No 2 Agustus 2022, Page 193 – 207 p-ISSN: 2460-7266; e-ISSN: 2655-2051
5. Jihan Oktaviani Amalia . Tyas A. P. ( 2022). Edukasi Gizi Seimbang Pada Anak-Anak Di Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul. JURNAL PASOPATI - Vol. 4, No. 1 Tahun 2022
6. Juni, N., Ariska, A., Puspita, A. F., Talia, M., & Kurniawati, N. P. (2022). HIPPOCAMPUS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Sosialisasi Tentang Gizi Seimbang Pada Anak Sekolah Dasar Negeri 12 Sungai Pinang Kecamatan Sambas Socialization about Balanced Nutrition in State Elementary School Children 12 Sungai Pinang , Sambas District HIPPOCAMPUS : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1(1), 16–20.
7. Kemenkes RI (2018). Laporan Riskesdas Sulawesi Selatan : Kementerian Kesehatan RI.
8. Kemenkes RI (2018). Riskesdas Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
9. Liza Apriyunisa.(2021). Pengaruh Edukasi Gizi Dengan Media Animasi Terhadap Pengetahuan Tentang Isi Piringku Sebagai Panduan Sekali Makan Pada Anak Usia Sekolah Di Sdn 27 Bengkulu Tengah. Kementerian Kesehatan Republik Indonesia Poltekkes Kemenkes Bengkulu.
10. Mardiana .Hana Yuniarti .Eddy Susanto ( 2021). Improvement Of Balanced Nutritional Knowledge And Skills Through The Demonstration Of Isi Piringku In Basic School Children. JCES (Journal Of Character Education Society) Vol. 4, No. 2, April 2021, Hal. 495-503
11. Mira Meliyanti (2021). Pengaruh Edukasi Video Terhadap Tingkat Pengetahuan Bahaya Tidak Sarapan Pagi Pada Siswa Sekolah Dasar Sdn Gatotsubroto Kota Bandung. Jurnal Sehat Masada Volume Xv Nomor 1 Januari 2021 ISSN : 1979-2344
12. Putri Milenia, E., & Herdhianta, D. (2022). Pengaruh Pemberian Media Flashcard Terhadap Pengetahuan Dan Sikap Konsumsi Gizi Seimbang Pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Kesehatan Siliwangi, 3(1), 19–26. https://doi.org/10.34011/jks.v3i1.1039
13. Yusriani, & Agustini, T. (2020). Edukasi Melalui Media Video Meningkatkan Pengetahuan, Sikap dan Tindakan Siswa dalam Mencegah Penularan COVID-19. Konferensi Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 535–544
Islam, M., MB, A., Yusuf, K., Masithah, S., & Syafruddin, S. (2024). Pengaruh Edukasi Gizi Menggunakan Leaflet dan Video Kementerian Kesehatan terhadap Pengetahuan tentang Isi Piringku pada Anak Usia Sekolah di SDN 21 Sanggalea Kabupaten Maros. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 8(1), 113-117. https://doi.org/10.22487/ghidza.v8i1.1142
Fulltext