Pengaruh Edukasi Gizi Remaja Perkotaan Melalui Vlog dan Buku Diary: Pengetahuan, Kebiasaan Membaca Label, dan Konsumsi Minuman Berpemanis dalam Kemasan

Paramitha Wirdani Ningsih Marlina | Sada Rasmada Bio | Agnes Maharani Puji Wulandari Bio | Hana Prastica Bio
Article History

Submited : December 26, 2024
Published : June 13, 2025

Tingginya konsumsi minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) memicu obesitas remaja di DKI Jakarta. Edukasi gizi diperlukan untuk meningkatkan kebiasaan membaca label pangan dan menekan asupan gula berlebih. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh edukasi gizi menggunakan Vlog dan Buku Diary terhadap pengetahuan, kebiasaan membaca label, dan konsumsi MBDK pada remaja perkotaan. Penelitian menggunakan desain Pretest-Posttest With Control Group, dengan sampel 91 remaja yang dibagi dalam tiga kelompok: kelompok kontrol, kelompok perlakuan dengan Vlog, dan kelompok perlakuan dengan Buku Diary. Data dikumpulkan melalui wawancara menggunakan kuesioner dan recall 1x24 jam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa edukasi gizi berhasil meningkatkan pengetahuan dan mengubah kebiasaan remaja, terutama dalam membaca label makanan dan minuman. Kelompok perlakuan yang menerima edukasi melalui Vlog mengalami penurunan konsumsi gula yang lebih besar (26,5 gram) dibandingkan dengan kelompok yang menggunakan Buku Diary (19 gram). Perubahan kebiasaan membaca label dan konsumsi gula menunjukkan pengaruh signifikan pada kelompok perlakuan dengan p-value 0,000 dan 0,049. Meskipun tidak ada perbedaan signifikan dalam peningkatan pengetahuan, hasil ini menunjukkan bahwa penggunaan media yang tepat, seperti Vlog dan Buku Diary, dapat mendorong perubahan perilaku yang positif pada remaja.

1. Ayu Sukmawati, I., & Nur Sartika, A. (2022). Hubungan Paparan Media Informasi Dengan Kebiasaan Membaca Label Gizi Produk di SMA Widya Hubungan Paparan Media Informasi Dengan Kebiasaan Membaca Label Gizi Produk di SMA Widya Nusantara Kota Bekasi. In Jurnal Ilmu Gizi Indonesia (JIGZI) (Vol. 3, Issue 2).
2. Badan Perlindungan Konsumen Nasional [BPKN]. (2013). Hasil Kajian BPKN di Bidang Pangan Terkait Perlindungan Konsumen.
3. Badriyah, L., & Syafei, A. (2019). Persepsi dan Perilaku Membaca Label Pangan dan Informasi Gizi pada Siswa SMK Wijaya Kusuma. Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, 8(04), 167–174. https://doi.org/10.33221/jikm.v8i04.401
4. Damayanti, A., Reski, S., Hidayat, A., Gizi, J., Kesehatan Kementerian Kesehatan Kalimantan Timur, P., & Keperawatan, J. (2023). Pengaruh Edukasi Gizi dengan Media Buku Saku terhadap Pengetahuan dan Asupan Serat Pasien DM Tipe 2 di Puskesmas Pasundan The Effect of Nutrition Education with Pocketbook Media on Knowledge and Fiber Intake of Type 2 DM Patients in Pasundan Health Center Working Area. Indonesian Food and Nutrition Research Journal, 1(1), 30–36.
5. Damayanti, S., Diah Herawati, D. M., & Syahri, A. (2021). The Effect of Education Using Video Blog (vlog) On The Female Adolescents’knowledge, Attitudes and Behaviors On The Prevention of Iron Deficiency Anemia (PPAGB) in Bandung. BEST Journal (Biology Education, Sains and Technology), 4(2), 221–225. https://doi.org/10.30743/best.v4i2.4496
6. Emiliana, N., & Setiarini, A. (2024). Hubungan konsumsi minuman berpemanis dengan kejadian obesitas pada anak dan remaja: A systematic literature review. Holistik Jurnal Kesehatan, 18(4), 509–517. https://doi.org/10.33024/hjk.v18i4.161
7. Fachruddin, I. I., Mosipate, M., & Yunus, M. (2022). Sugar-Sweetened Beverages Consumption Among Adolescents And Adults In Makassar Komsumsi Minuman Manis Kemasan Pada Remaja-Dewasa Di Makassar. https://journal.unimerz.com/index.php/ghizai/article/view/214
8. Febri Mulyanto, D. S., Wijaningsih, W., & Yuniarti, Y. (2019). Konseling Gizi Dengan Media Buku Saku Berpengaruh Terhadap Pengetahuan Dan Intake Natrium Pada Pasien Chronic Kidney Disease (Ckd) Di Rs Roemani Semarang. JURNAL RISET GIZI, 7(1), 57–62. https://doi.org/10.31983/jrg.v7i1.4370
9. Gifari, N., Nuzrina, R., Ronitawati, P., Sitoayu, L., & Kuswari, M. (2020). Edukasi Gizi Seimbang Dan Aktivitas Fisik Dalam Upaya Pencegahan Obesitas Remaja. JMM (Jurnal Masyarakat Mandiri), 4(1), 55. https://doi.org/10.31764/jmm.v4i1.1749
10. Kementerian Kesehatan RI. (2018). Laporan Nasional Riset Kesehatan Dasar Nasional 2018.
11. Khoiriyyah, A., & Ediati, A. (2015). Pengaruh buku harian untuk meningkatkan kepatuhan pada pasien hipertensi: studi kuasi eksperimen pada pasien hipertensi. Jurnal Empati, 4(1), 35–42.
12. Lameshow, S. , H. D. , K. J. , L. S. (1997). Besar Sampel Dalam Penelitian Kesehatan. Gadjah Mada University Press.
13. Mayang Sari, E., & Rafiony, A. (2020). Pengetahuan Tentang Pedoman Gizi Seimbang Dan Pola Makan Siswa Sman 1 Pontianak. Pontianak Nutrition Journal (PNJ), 3(1), 1. https://doi.org/10.30602/pnj.v3i1.623
14. Ningtyas, I., Handayani, D., & Kusumastuty, I. (2018). Pengetahuan Nutrition Facts dan Pemilihan Makanan Kemasan Mahasiswa Obesitas antara Metode Edukasi Personal dan Ceramah. Amerta Nutrition, 2(3), 271. https://doi.org/10.20473/amnt.v2i3.2018.271-282
15. Nurjayanti, E., Rahayu, N. S., & Fitriani, A. (2020). Nutritional knowledge, sleep duration, and screen time are related to consumption of sugar-sweetened beverage on students of Junior High School 11 Jakarta. ARGIPA (Arsip Gizi Dan Pangan), 5(1), 34–43. https://doi.org/10.22236/argipa.v5i1.3878
16. Printina, A. berlina. (2018). Pengaruh Promosi Kesehatan Melalui Video Vlog Terhadap Tingkat Pengetahuan Tentang Penyalahgunaan Narkoba Pada Siswa Siswi Di Smp Strada Marga Mulia Jakarta Selatan. Jurnal Riset Kesehatan Nasional, 2(1), 59–63. https://doi.org/10.37294/jrkn.v2i1.89
17. Safitri, D. E., & Rahayu, N. S. (2018). Pengaruh edukasi literasi label pangan terhadap pengetahuan siswa sekolah menengah pertama. Arsip Gizi Dan Pangan, 3(2), 91–95.
18. Safitri, N. R. D., & Fitranti, D. Y. (2016). Pengaruh edukasi gizi dengan ceramah dan booklet terhadap peningkatan pengetahuan dan sikap gizi remaja overweight. Journal of Nutrition College, 5(4), 374–380.
19. Sintyadewi, P. R., & Widnyani, I. A. A. (2022). Penyuluhan Obesitas Dan Nutrition Facts Serta Pelatihan Pembacaan Label Kemasan dan Informasi Nilai Gizi Pada Makanan Kemasan Di SMA Negeri 1 Semarapura, Klungkung. JURNAL WIDYA LAKSANA, 11(2), 291–296. https://doi.org/10.23887/jwl.v11i2.39712
20. Sugiastuti, N. P. M., & Agung, A. A. G. (2015). Pengaruh Penggunaan Diary Book Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas X Smk Restumuning Perean. Universitas Pendidikan Ganesha, 6(1), 1–12.
21. Tika Fatmala, & Rohmah, M. (2022). Hubungan Konsumsi Minuman Berpemanis Dengan Obesitas Pada Remaja. Nusantara Hasana Journal, 2(1), 255–220. https://www.nusantarahasanajournal.com/index.php/nhj/article/view/341
22. Waryana, W., Sitasari, A., & Febritasanti, D. W. (2019). Intervensi media video berpengaruh pada pengetahuan dan sikap remaja putri dalam mencegah kurang energi kronik. AcTion: Aceh Nutrition Journal, 4(1), 58. https://doi.org/10.30867/action.v4i1.154
23. Wowor, E. C., Anjelia Tumewu, W., & Mokalu, Y. B. (2022). Implementasi Repetitive Method Melalui Kegiatan Refleksi Dalam Pembelajaran. SOSCIED, 5(2), 272–279.
24. Wulandari, A. M. P., & Marlina, P. W. N. (2025). Edukasi Gizi Berbasis Film Pendek Untuk Meningkatkan Kebiasaan Makan dan Pengetahuan Remaja. Jurnal Penelitian Kesehatan Suara Forikes, 16, 64–69. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.33846/sf.v16i1.4954
Marlina, P., Rasmada, S., Wulandari, A., & Prastica, H. (2025). Pengaruh Edukasi Gizi Remaja Perkotaan Melalui Vlog dan Buku Diary: Pengetahuan, Kebiasaan Membaca Label, dan Konsumsi Minuman Berpemanis dalam Kemasan. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 9(1), 40-50. https://doi.org/10.22487/ghidza.v9i1.1781
Fulltext