Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dengan Kelelahan Siswa SMA Di Kota Surabaya

Article History

Submited : May 21, 2021
Published : March 29, 2022

Kelelahan pada siswa disebabkan oleh banyak faktor contohnya adalah lingkungan belajar yang dipilih pada siswa. Pada faktanya siswa SMA di Surabaya  siswa memiliki lingkungan belajar yang kurang aktif seperti sering membolos, tidak memperhatikan saat pembelajaran, malas-malasan untuk belajar dan lain-lain maka otomatis  motivasi dan semangat siswa untuk belajar kurang sehingga siswa  akan mudah jenuh dan lelah untuk belajar. Peran orang tua dalam lingkungan fasilitas pada siswa juga kurang, fasilitas yang dimiliki siswa SMA di Surabaya rata-rata masih kurang. jika fasilitas sudah lengkap dan memadai maka siswa juga akan semangat dan memiliki motivasi yang tinggi untuk belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara lingkungan belajar siswa dengan kelelahan siswa kelas XII SMA/sederajat tahun ajaran 2020/2021 di Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis cross sectional . Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII SMA/sederajat di Kota Surabaya. Penentuan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 212 siswa. Metode pengumpulan data dalam penelitian adalah metode angket. Hasil uji analisis statistik menggunakan Fisher’s Chi Square. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara lingkungan belajar dengan kelelahan siswa kelas XII SMA/sederajat tahun ajaran 2020/2021 di Kota Surabaya. Besarnya hubungan dilihat dari uji Fisher’s Chi Square dan terdapat hubungan positif antara variabel lingkungan belajar dengan kelelahan sebesar 0,039 dengan  0,05. Nilai p < ,sehingga Ho ditolak.Kesimpulan dari penelitian ini adalah dari 212 siswa mengalami kelelahan yang dikategorikan sedang.Pada hasil uji analis statistik menunjukkan terdapatnya hubungan antara lingkungan belajar dengan kelelahan  yang dialami siswa.

 

 

1. Sholehani MF. Hubungan Tingkat Kelelahan Dengan Metode Belajar Siswa Dengan Sistem Full Day School Di Sman 2 Probolinggo. Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Majapahit; 2018.
2. A K, AM V. Perceived Stress and Fatigue Among Students in a Doctor of Chiropractic Training Program. J Chiropr Educ. 2016;31(1):8–13.
3. AP S, R P. Fatigue Experiences by Students in A Day Long Class: A Survey on Students. Int J Eng Res Adv Technol. 2016;2(1):350–2.
4. Siswanto BT. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran SMK Di Kota Yogyakarta. 2016;6(1):111–20.
5. S S, AG A. Analisis Tingkat Kelelahan Pembelajaran Daring dalam Masa COVID-19 dari Aspek Beban Kerja Mental (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Sangga Buana). Techno-Socio Ekon. 2020;13(2):102–3.
6. Welong, Manampiring. Hubungan Antara Kelelahan, Motivasi Belajar, dan Aktivitas Fisik Terhadap Tingkat Prestasi Akademik. J Biomedik. 2020;12(2):125–7.
7. Arianto. Hubungan Lingkungan Belajar Dan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa MTS Al Mubarok Bandar Mataram Lampung Tengah. Lampung. InstitutAgama Islam Negri Metro; 2018.
8. Mustakim. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran MatematikaNo Title. 2020;2(1):1–10.
9. Aurora A, Effendi. Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran E-learning terhadap Kelelahan dan Motivasi Belajar Mahasiswa di Universitas Negeri Padang. J Tek Elektro Dan Vokasional. 2019;1(3):34–5.
10. Argaheni, Bayu N. Dampak Perkuliahan Daring Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Mahasiswa Indonesia. Universitas Sebelas Maret; 2020.
11. AlfabetaAstaman. Upaya Mengatasi Kejenuhan Belajar. Universitas Muhammadiyah Palu; 2018.
12. Devy K. Pelaksanaan Full Day School di SMA Singaraja Meningkatkan kelelahan dan Kejenuhan. 2020;7(1):71–81.
13. Mustakim. Efektivitas Pembelajaran Daring Menggunakan Media Online selama Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Matematika. 2020;2(1):1–8.
14. Ruci P. Analisis Pembelajaran Daring Terhadapap Kelelahan dan Kejenuhan Siswa di SMA Jember di Tengah pandemi. 2020;1(1):30–1.
15. Cahyati N, Kusumah. Peran Orang Tua Dalam Menerapkan Pembelajaran Di Rumah Saat Pandemi Covid 19. J Golden Age. 2020;4(1):152–9.
16. Camellia L. Pengaruh Fasilitas Belajar Dan Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar.
Universitas Sebelas Maret; 2016.


17. Firman, Sari. Pembelajaran Online di Tengah Pandemi Covid-19. Indones J Educ Sci. 2020;2(2):112–5.
18. Ruci P. Analisis Pembelajaran Daring Terhadapap Kelelahan dan Kejenuhan Siswa di SMA Jember di Tengah pandemi. 2020;1(1):33–5.
Darma, H. (2022). Hubungan Antara Lingkungan Belajar Dengan Kelelahan Siswa SMA Di Kota Surabaya. Preventif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 13(1), 70-79. https://doi.org/10.22487/preventif.v13i1.252
Fulltext