Level Aktivitas Fisik dan Status Gizi Siswa SMA Pada Masa Pandemic Covid 19 (Studi Pada Siswa SMANOR Tadulako Kota Palu)

Ikhwan Abduh Bio | Kamarudin Kamarudin Bio | Delvi Kristanti Liloi Bio
Article History

Submited : November 5, 2020
Published : December 10, 2020

Aktifitas fisik dan status gizi adalah dua komponen utama dalam menunjang prestasi olahraga siswa sehingga perlu menjadi perhatian terlebih dalam masa pandemic covid 19 seperti saat ini. Permasalah yang muncul adalah adanya wabah covid 19 yang merubah merubah tatanan kehidupan bermasyarakat sehingga berdampak pada pola aktifitas dan pola konsumsi gizi masyarakat. Tujuan penelitian ini untuk memberi gambaran secara umum tentang status gizi dan level aktifitas fisik Siswa di SMANOR Tadulako Palu dimasa pandemic covid 19. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik sampling acak sistematis dengan 2 kriteria yaitu kriteria inklusi dan ekslusi. Prosedur penelitian di lakukan dengan 2 tahap yaitu tahap pengambilan data dengan tahapan sosialisasi penelitian, pemilihan sampel, penimbangan berat badan dan pengukuran aktifitas fisik dengan menggunakan angket GPAQ.  Instrument yang digunakan adalah angket Global Physical Actifity Questionaire (GPAQ), timbangan berat badan, dan meteran tinggi badan. Penelitian dilakukan di SMANOR Tadulako Sulawesi Tengah selama 3 bulan. Analisis data yang digunakan meliputi teknik analisis deskriptif (mean, distribusi frekuensi), dan uji korelasi pearson spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 93.3% level aktifitas fisik siswa berkategori kurang, 6.7% siswa memiliki aktifitas fisik berkategori sedang, sedangkan status gizi normal sebanyak 56.4% namun terdapat beberapa siswa yang masuk dalam kategori obesitas tingkat 1 dan 2. Selain itu 34.9% jumlah siswa masuk pada kategori kurus. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa level aktifitas fisik siswa rendah dan status gizi siswa secara umum berkategori normal

  1. Abduh, I., Humaedi, H., & Agusman, M. (2020). Analisis Hubungan Tingkat Kesegaran Jasmani terhadap Hasil Belajar Siswa. JOSSAE (Journal of Sport Science and Education), 5(2), 75–82. http://dx.doi.org/10.26740/jossae.v5n2.p75-82
  2. Aristovnik, A., Keržič, D., Ravšelj, D., Tomaževič, N., & Umek, L. (2020). Impacts of the COVID-19 Pandemic on Life of Higher Education Students: A Global Perspective. Sustainability, 12(20), 8438. https://doi.org/10.3390/su12208438
  3. BPS Kota Palu. (2016). Jumlah Penderita Penyakit menurut Jenis Penyakit, 2011-2015. https://palukota.bps.go.id/statictable/2016/10/04/441/jumlah-penderita-penyakit-menurut-jenis-penyakit-2011-2015.html
  4. Cardinal, B. J. (2016). Toward a greater understanding of the syndemic nature of hypokinetic diseases. Journal of Exercise Science & Fitness, 14(2), 54–59. https://doi.org/10.1016/j.jesf.2016.07.001
  5. Christianto, D. A. (2018). Hubungan Aktivitas Fisik Terhadap Kejadian Obesitas Berdasarkan Indeks Massa Tubuh Di Desa Banjaroyo. Berkala Ilmiah Kedokteran Duta Wacana, 3(2), 78. https://doi.org/10.21460/bikdw.v3i2.97
  6. Corkins, M. R., Daniels, S. R., de Ferranti, S. D., Golden, N. H., Kim, J. H., Magge, S. N., & Schwarzenberg, S. J. (2016). Nutrition in Children and Adolescents. Medical Clinics of North America, 100(6), 1217–1235. https://doi.org/10.1016/j.mcna.2016.06.005
  7. Duncan, M. J., Arbour-Nicitopoulos, K., Subramanieapillai, M., Remington, G., & Faulkner, G. (2017). Revisiting the International Physical Activity Questionnaire (IPAQ): Assessing physical activity among individuals with schizophrenia. Schizophrenia Research, 179, 2–7. https://doi.org/10.1016/j.schres.2016.09.010
  8. Ferreira, A. B. D. M., Medeiros, J. A. de, Medeiros, R. C. D. S. C. de, Serrano, L. A. R., Pinto, V. C. M., Dantas, M., & Dantas, P. M. S. (2019). Level of physical activity and motor coordination of schoolchildren in different maturational stages. Journal of Human Growth and Development, 29(3), 373–380. https://doi.org/10.7322/jhgd.v29.9536
  9. Flora, R., Zulkarnain, M., & Sukirno. (2020). β-endorphin response to aerobic and anaerobic exercises in Wistar male rats. Medical Journal of Indonesia, 29(3), 245–249. https://doi.org/10.13181/mji.oa.203569
  10. Gaetano, A. (2016). Relationship Between Physical Inactivity and Effects on Individual Health Status. Journal of Physical Education and Sport, 16(s02), 1069–1074. https://doi.org/10.7752/jpes.2016.s2170
  11. Kato, K., Iwamoto, K., Kawano, N., Noda, Y., Ozaki, N., & Noda, A. (2018). Differential effects of physical activity and sleep duration on cognitive function in young adults. Journal of Sport and Health Science, 7(2), 227–236. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2017.01.005
  12. Latifah, W. (2019). Analisis Diskriminan Untuk Klasifikasi Zat Gizi Makro dan Zat Gizi Mikro Pada Makanan [UIN Suska Riau]. http://repository.uin-suska.ac.id/id/eprint/24246
  13. Maugeri, G., Castrogiovanni, P., Battaglia, G., Pippi, R., D’Agata, V., Palma, A., Di Rosa, M., & Musumeci, G. (2020). The impact of physical activity on psychological health during Covid-19 pandemic in Italy. Heliyon, 6(6), 04315. https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04315
  14. Mishra, K., & Rampal, J. (2020). The COVID-19 pandemic and food insecurity: A viewpoint on India. World Development, 135, 105068. https://doi.org/10.1016/j.worlddev.2020.105068
  15. Owens, M. R., Brito-Silva, F., Kirkland, T., Moore, C. E., Davis, K. E., Patterson, M. A., Miketinas, D. C., & Tucker, W. J. (2020). Prevalence and Social Determinants of Food Insecurity among College Students during the COVID-19 Pandemic. Nutrients, 12(9), 1–17. https://doi.org/10.3390/nu12092515
  16. Putra, Y. W., & Amalia, S. R. (2018). Index Massa Tubuh (IMT) Mempengaruhi Aktivitas Remaja Putri SMPNegeri 1 Sumberlawang. GASTER Jurnal Kesehatan, XVI(1), 105–115.
  17. Roche, M. L., Bury, L., Yusadiredja, I. N., Asri, E. K., Purwanti, T. S., Kusyuniati, S., Bhardwaj, A., & Izwardy, D. (2018). Adolescent girls’ nutrition and prevention of anaemia: A school based multisectoral collaboration in Indonesia. BMJ, 1–6. https://doi.org/10.1136/bmj.k4541
  18. Siregar, N. S. (2014). Karbohidrat. Jurnal Ilmu Keolahragaan, 13(2), 38–44.
  19. Talukder, A. (2017). Factors Associated with Malnutrition among Under-Five Children: Illustration using Bangladesh Demographic and Health Survey, 2014 Data. Children, 4(10), 88. https://doi.org/10.3390/children4100088
  20. Unckless, R. L., Rottschaefer, S. M., & Lazzaro, B. P. (2015). The Complex Contributions of Genetics and Nutrition to Immunity in Drosophila melanogaster. PLOS Genetics, 11(3), 1–26. https://doi.org/10.1371/journal.pgen.1005030
  21. Wiklund, P. (2016). The role of physical activity and exercise in obesity and weight management: Time for critical appraisal. Journal of Sport and Health Science, 5(2), 151–154. https://doi.org/10.1016/j.jshs.2016.04.001
  22. World Health Organization. (2018). More active people for a healthier world: Global action plan on physical activity 2018-2030.
  23. Yasin, M. A. (2015). Nutritional Status and Associated Risk Factors Among Adolescents Girls in Agarfa High School, Bale Zone, Oromia Region, South East Ethiopia. International Journal of Nutrition and Food Sciences, 4(4), 445. https://doi.org/10.11648/j.ijnfs.20150404.15
Abduh, I., Kamarudin, K., & Liloi, D. (2020). Level Aktivitas Fisik dan Status Gizi Siswa SMA Pada Masa Pandemic Covid 19 (Studi Pada Siswa SMANOR Tadulako Kota Palu). Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 4(2), 226-236. https://doi.org/10.22487/ghidza: jurnal gizi dan kesehatan.v4i2.173
Fulltext