Formulasi Pembuatan Biskuit Crackers Berbasis Tepung Ikan Sidat dan Daun Kelor

Jamaluddin Jamaluddin | Hajra Hajra Bio | Ni Made Yeni Lisnawati Bio | Gina Nafsiah Putri Bio | Pitriani Pitriani Bio | Bohari Bohari Bio
Article History

Submited : August 31, 2023
Published : December 21, 2023

Telah dilakukan penelitian tentang formulasi pembuatan biskuit crackers berbasis tepung ikan sidat dan daun kelor. Penelitian ini bertujuan untuk menegtahui pentingnya penambahan tepung ikan sidat dan tepung daun kelor terhadap mutu biskuit crackers yang dihasilkan dan untuk mengetahui formula berapakah yang menghasilkan gizi terbaik dari biskuit crackers tepung ikan sidat dan tepung daun kelor. Penelitian ini mengunakan metode eksperimen secara Rancangan Acak Lengkap. Adapun hasil penelitian dimana semakin tinggi penambahan tepung daun kelor pada tepung ikan sidat dapat mempengaruhi mutu fisiknya dimana semakin tinggi serat akan menghasilkan crackers yang keras adapun formula kombinasi yang menghasilkan gizi terbaik adalah C=(10g&3g) karena sifat fisik dan kimia nya cukup baik dan tingkat penerimaan panelis terhadap biskuit crackers tinggi dibandingkan dengan formula lain.

Astria, Nani. 2022. “Formulasi Pembuatan Biskuit Crackers Berbasis Tepung Ikan Sidat.” Jurnal Ilmiah Kesmas-IJ 22(1):32–38.
Ernisti, Widya, Slamet Riyadi, dan Fitra Mulia Jaya. 2019. “Karakteristik biskuit (crackers) yang difortifikasi dengan konsentrasi penambahan tepung ikan patin siam (Pangasius hypophthalmus) berbeda.” Jurnal Ilmu-Ilmu Perikanan dan Budidaya Perairan 13(2).
Ferazuma, Herviana, Sri Anna Marliyati, dan Leily Amalia. 2011. “Substitusi Tepung Kepala Ikan Lele Dumbo (Clarias gariepinus sp.) Untuk Meningkatkan Kandungan Kalsium Crackers.” Jurnal Gizi dan Pangan 6(1):18–27.
Gita, Rina Sugiarti Dwi, dan Sarwo Danuji. 2018. “Studi Pembuatan Biskuit Fungsional dengan Substitusi Tepung Ikan Gabus dan Tepung Daun Kelor.” BIOEDUSAINS: Jurnal Pendidikan Biologi dan Sains 1(2):155–62.
Mazidah, Yustika Fahreina, Indah Kusumaningrum, dan Debby Endayani Safitri. 2018. “Penggunaan tepung daun kelor pada pembuatan crackers sumber kalsium.” ARGIPA (Arsip Gizi dan Pangan) 3(2):67–79.
Muliyati, Hepti, dan Iin Octaviana Hutagaol. 2020. “Formulasi Biskuit Sumber Energi Dan Protein dari Tepung Daun Kelor (Moringa oleifera) dan Tulang Ikan Sidat (Anguila sp) untuk Baduta Stunting.” Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan 4(1):11–21.
Putri, Ayuningtias Widia. 2021. “Fortifikasi Tepung Ikan Nila (Oreocrhomis niloticus) Terhadap Karakteristik Crackers.”
Jamaluddin, J., Hajra, H., Lisnawati, N. M., Putri, G., Pitriani, P., & Bohari, B. (2023). Formulasi Pembuatan Biskuit Crackers Berbasis Tepung Ikan Sidat dan Daun Kelor. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 7(2), 260-272. https://doi.org/10.22487/ghidza.v7i2.918
Fulltext