Manajemen Pos Kesehatan Pesantren Di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas Kabupaten Polman

Article History

Submited : March 28, 2022
Published : March 29, 2022

 Pondok Pesantren adalah salah satu bentuk lembaga pendidikan keagamaan yang tumbuh dan berkembang dari masyarakat yang berperan penting dalam pengembangan sumberdaya manusia. Pos Kesehatan Pesantren, yang umumnya disebut Poskestren merupakan salah satu wujud Upaya Kesehatan Bersumber Masyarakat (UKBM) di lingkungan pondok pesantren, dengan prinsip dari, oleh dan warga pondok pesantren, yang mengutamakan pelayan promotif dan preventif tanpa mengabaikan aspek kuratif dan rehabilitatif , dengan binaan puskesmas setempat. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis manajemen poskestren di Pesantren Moderen Al-Ikhlash. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dimana dalam penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yaitu untuk mengetahui atau menggambarkan kenyataan dari kejadian yang diteliti sehingga memudahkan penulis untuk mendapatkan data yang objektif dalam rangka mengetahui pelaksanaan manajemen pos kesehatan pesantren. Jumlah Informan sebanyak 9 orang, yang terdiri dari guru, petugas poskestren dan santri. Hasil penelitian menunjukkan adanya kebijakan yang dibuat terkait pelaksanaan kegiatan poskestren seperti pelayanan santri yang sakit dan pengadaan fasilitas poskestren. Fungsi manajemen juga telah dilakukan oleh poskestren mulai dari perencanaan hingga evaluasi. Selain itu juga dilakukan rencana tidak lanjut pengembangan poskestren seperti penambahan jumlah gedung dan tenaga kesehatan tetap poskestren. Kesimpulannya adalah manajemen poskestren sudah berjalan dengan baik, dilihat dari kebijakan, manajemen, hingga rencana tindak lanjut untuk pengembangan poskestren namun masih perlu ada beberapa perbaikan dalam manajemen poskestren seperti masih kurangnya fasilitas poskestren dan kurangnya tenaga kesehatan tetap poskestren

 

1. Peraturan Menteri Kesehatan, No.1. Pedoman Penyelenggaraan dan Pembinaan Pos Kesehatan Pesantren. 2013
2. Rif`ah EN. Pemberdayaan Pusat Kesehatan Pesantren (Poskestren) Untuk Meningkatkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. War Pengabdi. 2019. 13(3):96–105.
3. Ikhwanudin, Alim. Perilaku Kesehatan Santri : (Studi Deskriptif Perilaku Pemeliharaan Kesehatan, Pencarian dan Penggunaan Sistem Kesehatan Serta Perilaku Kesehatan Lingkungan Di Pondok Pesantren Assalafi Al Fithrah,Surabaya)Jurnal Social dan Politik . 2013
4. Gemmae M, Bolton, Rendelle E; Lukas,Carol Van Deusen; LaVela, Fix Sherri L.; Mueller, Nora; N. Hill, Jennifer; Barbara G.. Bokhour Patient-centred care is a way of doing things: How healthcare employees conceptualize patient-centred care.Jurnal Wiley.2017
5. Lumenta, A. Nico. Patient Centered Care Sebagai “Trend Global” dalam Pelayanan Pasien. Workshop Keselamatan Pasien dan Manajemen Resiko Klinis. Ketua Komite Keselaatan Pasien Rumah Sakit. PERSI. 2012
6. Bramantoro, Taufan. Pengantar Klasifikasi dan Akreditasi Pelayanan Kesehatan: Penjelasan Praktis dari undang-undang dan peraturan mentri kesehatan, (Surabaya:Pusat Penebit dan Percetakan UNAIR.halaman 2. . 2017
7. Nina dan Supriyanta, Rahmat. Determinan Efektivitas Program Kader Kesehatan Remaja di SMAN 01 Dramaga Bogor. Junal Kesehatan masyarakat. Hal 127. 2020
8. Surasdiman. Analisis Pengaruh Kualitas Pelayanan, Fasilitas Dan Pengetahuan Terhadap Kepuasan Pasien Di Puskesmas Batu-Batu Kabupaten Soppeng. YUME : Journal of Management. 2019
9. Nafarin, M. Penganggaran Perusahaan. Edisi ketiga, Cetakan kedua, Buku 1. Jakarta : Salemba Empat. . 2013
10. Nur, Muhammad ;Yusuf, Syarifuddin dan Rusman, Ayu Dwi Putri. Analisis Peningkatan Kinerja Tenaga Kesehatan Melaluipengembangan Sumber Daya Manusia (Sdm) Di Dinas Kesehatan Kabupaten Sidrap. Jurnal ilmiah manusia dan kesehatan. 2021
11. Hasibuan, Rahman. 2017. Pengaruh Kesehatan Dan Keselamatan Kerja, Pelatihan Dan Kerja Tim Terhadap Kinerja Tenaga Medis Di Rumah Sakit Budi Kemuliaan Batam. Jurnal Dimensi
12. Dakhi, Yohannes, 2016. Implementasi Poac Terhadap Kegiatan Organisasi Dalam Mencapai Tujuan Tertentu. Jurnal Warta
13. Herwati, Ida; Munaa, Nihayatul; Aditya, Ronal Surya; dan Kodriyah, Lailatul. 2021 Manajemen Pelayanan Kesehatan. Penerbit; Literasi Nusantara
14. Mohi, Widya Kurniati; Alkatiri, Ramlah; Akbar, Muh. Firyal; Baruadi, Isna S. 2020, Implementasi Poac Fungsi Manajemen Pada Administrasi Keuangan Di Kantor Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato. Balance : Economic, Business, Management, and Accounting Journal
15. Gaol, Sanggam Lumban. 2019. Tesis: Pelaksaaan program pelatihan dalam meningkatkan kinerja tenaga kesehatan. Universitas Pembangunan Panca Budi
16. Kementerian Negara Pendayagunaan Aparatur Negara. 2008. Petunjuk Pelaksanaan Evaluasi Kinerja Organisasi Pemerintah(Peraturan Menter! Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor Per/19/ M. Pan/1 1/2008). Tim Reformasi Birokrasi Nasional
17. Tampubolon, Manahan P. 2020. Manajemen Perubahan; Individu, Tim Kerja, Organisasi. Jakarta: Mitra Wacana Media
18. Shochfah, Ikrima Iffah dan Nurjayanti, Widyastuti. 2013. Identifikasi Karakter Bangunan Islami Pada Pesma Putri Kh Mas Mansur UMS. Jurnal; Sinektika
Djalaluddin, N., Al-Hijrah, M., & heriyati, heriyati. (2022). Manajemen Pos Kesehatan Pesantren Di Pondok Pesantren Modern Al-Ikhlas Kabupaten Polman. Preventif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 13(1), 188-205. https://doi.org/10.22487/preventif.v13i1.482
Fulltext