Edukasi Vaksin Covid-19, Penggunaan Obat Tradisional Dan Suplemen Kesehatan Untuk Menjaga Daya Tahan Tubuh Di Masa New Normal

Yuliet Yuliet Bio | Khildah Khaerati Bio | Agustinus Widodo Bio | Jamaluddin Jamaluddin Bio
Article History

Submited : August 30, 2021
Published : December 24, 2021

Selama masa new normal di kondisi pandemi saat ini dibutuhkan upaya untuk pengendalian dan pencegahan penularan penyakit. Vaksinasi merupakan salah satu upaya paling efektif untuk mencapai kekebalan kelompok atau herd immunity. Oleh karenanya, memahami manfaat vaksinasi COVID-19 sangat penting agar seluruh warga tidak lagi memiliki keraguan untuk mendapatkan vaksin. Selain itu perlu dilakukan usaha untuk meningkatkan imunitas tubuh. Daya tahan tubuh merupakan aspek penting bagi manusia untuk melawan infeksi virus, salah satunya adalah virus penyebab COVID-19. Daya tahan tubuh dapat dijaga dan ditingkatkan,utamanya melalui kebiasaan hidup sehat antara lain menjaga kebersihan, asupan nutrisi yang baik, ditambah dengan penggunaan suplemen kesehatan dan ramuan herbal/obat tradisional. Diperlukan informasi mengenai bahan dalam produk obat tradisional dan suplemen kesehatan, agar masyarakat dapat memilih dan menggunakan secara tepat dan bijak obat tradisional dan suplemen kesehatan untuk menghadapi COVID-19. Oleh karena dilakukan pengabdian masyarakat sebagai upaya edukasi dalam rangka peningkatan kesadaran dan pemahaman masyarakat tentang vaksinasi dan penggunaan obat herbal serta suplemen kesehatan. Edukasi diberikan dalam bentuk penyuluhan, praktek pembuatan beberapa ramuan obat tradisional serta pembagian booklet. Pelaksanaan pengabdian yang dilakukan mendapatkan respon yang baik dari warga yang mengikuti karena sebagian besar banyak yang aktif dalam bertanya. Berdasarkan hasil pengabdian kepada masyarakat yang dilakukan diperoleh terjadinya peningkatan pengetahuan terhadap materi tersebut, dan diharapkan peserta dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari.

  1. Badan POM RI. 2020. Pedoman Penggunaan Herbal dan Suplemen Kesehatan dalam Menghadapi COVID 19 di Indonesia.
  2. Badan POM RI. 2020. Informatorium Obat Modern Asli Indonesia (OMAI) di Masa Pandemi COVID-19.
  3. Kementerian Kesehatan. 2021. Keputusan Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Nomor HK.02.02/4/1/2021 tentang Petunjuk Teknis Pelaksanaan Vaksinasi Dalam Rangka Penanggulangan Pandemi Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) [Internet].[cited 2021 Jan 15 ].
  4. Kementerian Kesehatan. 2021. Infodatin Pusat Data dan Infromasi Kementerian Kesehatan RI tentang Triple-helix key-factors menuju sukses Vaksinasi COVID- 19 [Internet]. [cited 2021 Jan 15 ].
  5. Parrella, Adriana, Annette Braunack-Mayer, Michael Gold, Helen Marshall, and Peter Baghurst. 2013. ‘Healthcare Providers’ Knowledge, Experience and Challenges of Reporting Adverse Events Following Immunisation: A Qualitative Study’. BMC Health Services Research 13 (1).
Fulltext