Pemanfaatan Nira Aren Sebagai Bahan Baku Etanol Dalam Pembuatan Hand Sanitizer

Article History

Submited : October 5, 2020
Published : October 5, 2020

Kebutuhan akan etanol (alkohol) dalam pembuatan cairan pencuci tangan (Hand Sanitizer) terus meningkat seirig wabah Virus Corona (Covid-19) yang belum juga mereda. Permintaan sangat tinggi sedangkan stok terbatas yang membuat masyarakat kesulitan untuk menemukan walaupun dipasaran ada tapi harganya cukup mahal, sehingga diperlukan bahan baku etanol alternatif yang dapat digunakan dan tersedia disekitar kita. Salah satu produk diversifikasi yang dapat dikembangkan adalah pohon aren yang menghasilkan etanol (alkohol) dari proses fermentasi (alami maupun buatan dengan tambahan ragi) dan destilasi. Metode yang digunakan dalam kegiatan pengabdian adalah ceramah/penyuluhan (koordinasi, sosialisasi dan penyadaran), praktik/pelatihan yang dilanjutkan dengan penerapan teknologi dan pendampingan tentang teknologi pengolahan nira aren secara terkendali menjadi Alkohol teknis dengan konsentrasi tinggi dan pembuatan Hand Sanitizer. Hasil Penyuluhan; yang telah dilaksanakan, di dapatkan data tentang 22 anggota mitra petani aren didominasi  laki-laki 90,91%, dengan tingkat pendidikan tertinggi SMP 36,36%, umur petani produktif antara 40 – 60 tahun sebesar 54,55%, lahan yang digunaan sebagai usaha adalah lahan milik sendiri dan kondisi tanaman dipelihara dengan baik 45,45%, produk yang dihasilkan 54,55% adalah gula merah dan 22,73% adalah produk Cap tikus/nira aren. Pada Praktik/Pelatihan; dilakukan pembuatan etanol/alkohol dari nira aren secara konvensional dengan kadar alkohol ≤25% (minuman cap tikus) sebanyak 20 Liter, kemudian dilakukan redestilasi untuk mendapatkan etanol teknis dengan kadar etanol di atas 80% sebanyak 9 Liter, lalu dibuat Hand Sanitizer bentuk Spray dan Gel sebanyak 100 botol. Proses Pendampingan; memberikan pengetahuan tentang teknik pemamfaatan nira aren untuk menghasilkan alkohol yang berkadar tinggi dengan teknik metode destilasi yang benar serta tingkat kebersihan produk untuk menjaga kualitasnya

Effendi, D. S. 2010. Prospek Pengembangan Tanaman Aren (Arenga pinnata Merr.) Mendukung Kebutuhan Bioetanol di Indonesia. Jurnal Perspektif (9)1: 36-46.
G.H. Josep, 2012. Introduksi Teknologi Pengolahan Alkohol Teknis dari Nira Aren. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Sulawesi Utara.
Hubeis, A.V.S., 1996. Mendinamisasikan Partisipasi Kelompok Tani Nelayan. dalam Revitalisasi Penyuluhan Pertanian.Majalah Penyuluhan Pertanian Ekstensia Vol. 4 Tahun III: 41-52
Jenny Delly, Ridway Balaka, Baso Mursidi, Ruspita Sihombing, 2015. Pembuatan Sistem Destilasi Untuk Menghasilkan Etanol Dari Nira Aren Sebagai Bahan Bakar Alternatif. Proceeding Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin XIV (SNTTM XIV). Banjarmasin.
Joseph, G.H. 2004. Pengolahan gula, cuka, dan alkohol dari nira kelapa. Laporan Teknis Balai Pengkajian Teknologi Pertanian Sulawesi Utara.
Joseph, G.H. 2012. Introduksi Teknologi Pengolahan Alkohol Teknis dari Nira Aren. Balai Pengkajian Teknologi Pertanian, Sulawesi Utara. Buletin Palma Vol. 13 No. 2, Desember 2012: 103 - 108
Karouw, S. dan A. Lay. 2006. Nira aren dan teknik pengendalian produk olahan. Buletin Palma.
Mardikanto, T., dan Sri Sutarni, 2002. Petunjuk Penyuluhan Pertanian (Teori dan Praktek). Usaha Nasional. Suabaya.
Pontoh, J. 2013. Metode Analisa dan Komponen Kimia dalam Nira Aren dan Gula Aren. Prosiding Seminar Nasional Aren. Univeritas Sam Ratulangi. Manado.
Richana, N. 2011. Bioetanol: Bahan baku, teknologi, produksi dan pengendalian mutu. Penerbit Nuansa, Bandung.
Ridengan, B. dan S. Karouw. 2004. Palm wine aren.Prosiding Seminar Nasional Pengembangan tanaman Aren Nasional. Tondano, Minahasa Sulut.
Rumokoi, M.M.M. 1990. Manfaat tanaman aren (Arenga pinnata Merr). Buletin Balitka No. 10 Thn 1990 hal: 21-28. Balai Penelitian Kelapa, Manado.
Simanjuntak E., Chairul, dan Maria Peratenta Sembiring. 2015., Pembuatan Bioetanol dari Nira Aren Secara Fermentasi Menggunakan Yeast Saccharomyces cerevisiae dengan Variasi Konsentrasi Inokulum dan Waktu Fermentasi. JOM FTEKNIK Volume 2 No.1 Februari 2015
Sukardiyono, L., 2000. Penyuluhan: Petunjuk bagi Penyuluh Pertanian. Penerbit Erlangga. Jakarta.
Torar, D.J. dan J.G. Kindangen, 1990. Pendapatan petani arak aren (kasus Desa Rumoong Atas, Sulawesi Utara). Buletin Balitka No. 10 Thn 1990 hal: 29-33. Balai Penelitian Kelapa, Manado.
Widjanarko, S. B. 2008. Siwalan dan Kandungan Nira Lainnya. http://simonbwidjanarko.wordpress.com. 2 April 2020 (19:38).
Winkle, M.V. 1967. Destilation. Mc.Graw Hill Book Company, New York
Fulltext