Sosialisasi Kesehatan Mental Ibu Hamil Masa Pandemi C-19 di UPTD Puskesmas Mabelopura Kota Palu

Article History

Submited : Oktober 18, 2022
Published : Oktober 31, 2022

Pada masa remaja, hormon cenderung diproduksi dalam jumlah relatif besar, bahkan terkadang berlebihan yang mempengaruhi perilaku dan emosi remaja secara berlebihan. Mereka juga sangat tertarik untuk mempelajari perubahan fisik yang terjadi pada tubuh mereka (Hurlock, 1980). Pada remaja berkebutuhan khusus (diffable) juga mengalami perubahan fisik dan hormonal seperti yang terjadi pada remaja pada umumnya (Kharisnatika, 2006), namun mereka memiliki keterbatasan intelektual bahkan terkadang fisik dan emosi juga memiiliki keterbatasan, maka perlunya bimbingan dan dukungan dari lingkungan sekitar terkait kondisi kesehatan mereka khususnya kesehatan reproduksi (Maunder, 2006; Saadah, 2009). Tujuan dari pengabdian ini adalah untuk mensosialisasikan Posyandu Remaja pada seluruh lapisan masyarakat remaja termasuk remaja disabilitas di daerah bencana Kota Palu. Manfaat dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah peserta menjadi mengetahui dan memahami Posyandu Remaja serta manfaatnya dan dapat memanfaatkan Posyandu Remaja demi meningkatkan kesehatan masyarakat di seluruh lapisan masyarakat. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini yaitu 1) metode ceramah , 2) metode visual dan 3) metode games. Peserta dalam kegiatan pengabdian ini adalah  remaja termasuk remaja disabilitas di wilayah terdampak bencana Kota Palu yang berjumlah 15 orang. Berdasarkan hasil sosialisasi, remaja memahami dan merasa ingin datang kembali saat pelaksanaan Posyandu Remaja akan dilaksanakan. Timbulnya minat remaja untuk mendatangi Posyandu Remaja dapat membantu remaja memahami masalah terkait kesehatan reproduksi sehingga dapat meningkatkan kesehatan pada generasi muda.

Kenwa, P. (2015) Pengaruh Pemberian Konseling Terhadap Depresi Post Partum Di Puskesmas II Dan IV Denpasar Selatan. COPING (Community of Publishing in Nursing), 3 (2).
Kusumawati, Y., Zulaekah, S., 2020. Pengetahuan Kesehatan Mental Ibu Hamil di Puskesmas Wilayah Kota Surakarta 5.
Ministry of Health Republic of Indonesia.Riset Kesehatan Dasar 2018(basic health survey2018) Report.2018.
Novitasari, T. (2013) Keefektivan Konseling Kelompok Pra-persalinan untuk Menurunkan Tingkat Kecemasan Primigravida Menghadapi Persalinan. Developmental and Clinical Psychology, 2 (2)
Prawirohardjo (2005) Ilmu Kandungan, Jakarta: Yayasan Bina Pustaka
Purwaningsih, H., n.d. Analisis Masalah Psikologis pada Ibu Hamil Selama Masa Pandemi Covid-19 : Literature Review 7.
Rahman, A., Urbayatun, S., 2021. Kesehatan Mental Ibu Hamil Sebagai Dampak Pandemi Covid-19 7, 9.
Winarni, D., Wijayanti, K. & Ngadiyono, N. (2017) Pengaruh Pemberian KIE (Komunikasi Informasi Edukasi) Persiapan Persalinan dan Nifas Terhadap Kejadian Postpartum Blues. Jurnal Kebidanan, 6 (14): 1-8.
World Health Organization.WHO Maternal Health [internet]Mental Health and substance Use.2018 Available from:https://www.who.int/teams/mentalhealth-andsubstance-use/maternalmental-health