Sekolah merupakan salah satu lembaga pendidikan formal. Sekolah merupakan subsistem pendidikan formal. Sekolah merupakan subsistem pendidikan, karena lembaga Pendidikan, karena lembaga pendidikan itu sesungguhnya identic dengan jaringan-jaringan kemasyarakatan, sebab dalam prosesnya terdapat aktifitas kemanusiaan dan pemanusiaan sejati. Sementara itu, siswa/i membutuhkan konsumsi pangan yang cukup dengan gizi seimbang karena masih mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan. Siswa SMP menghabiskan seperempat waktunya untuk beraktivitas di sekolah. Mereka lebih banyak mengkonsumsi makanan jajanan. Hal yang perlu diperhatikan adalah pemilihan makanan jajanan yang baik untuk dikonsumsi sehingga tidak menimbulkan masalah Perilaku Merokok, maka dari itu tujuan dari kegiatan ini ialah untuk memberikan pemahaman kepada siswa (i) di SMP Negeri 21 Konawe Selatan mengenai Perilaku Merokok dan cara menghindari rokok sejak dini melalui media leaflets. Berdasarkan hasil kuesioner pre test dan post test didapatkan bahwa ada perbedaan yang signifikan rata-rata pre test yang diberikan sebelum penyuluhan dan post test yang diberikan setelah penyuluhan. Hal ini menandakan bahwa pemberian poster kepada siswa (i) sebagai media penyuluhan telah berhasil merubah pengetahuan dan sikap mereka.

 

Fransiska, M., & Firdaus, P. A. (2019). REMAJA PUTRA SMA X KECAMATAN PAYAKUMBUH. 01, 11–16.
Gobel, S., Pamungkas, R. A., Sari, R. P., Safitri, A., Samran, Aponno, V. L., Fadilah, I., Olivia, T., Pina, F. M., & Tiwery, S. M. (2020). Bahaya merokok pada remaja. Jurnal Abdimas, 7(1), 33.
Kusyanti, F., Lestariningsih, L., Inka, J., & Mere, J. (2022). Pemanfaatan Rokok Herbal Sebagai Terapi Use Of Herbal Cigarettes As Therapy. 4(1), 25–32.
Lumbantobing, F., Marsaulina, I., & Ariani, P. (2020). Analisis Faktor Yang Berhubungan Dengan Perilaku Merokok Pegawai Pada Kawasan Tanpa Rokok (Ktr) Di Upt Pelatihan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi …. Jurnal Kajian Kesehatan Masyarakat, 2(1), 67.
Mayleni, D., & Rollastin, B. (2021). Analisis Kekuatan Impak Pada Material Komposit Berpenguat Limbah Filter Rokok Sebagai Bahan Dasar Pembuatan Cangkang Helm. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Teknologi Terapan, 55–61.
Nugroho, F. A., & Ad, M. A. (2022). PEMAHAMAN PEER GROUP SEBAGAI KADER KESEHATAN DALAM MENGANTISIPASI PERILAKU REMAJA MEROKOK DI DESA BIJIRUYUNG SEMPOR KEBUMEN. 11(1), 114–120.
Pralambang, S. D., & Setiawan, S. (n.d.). Faktor Risiko Kejadian Tuberkulosis di Indonesia Risk Factors for Tuberculosis Incidence in Indonesia.
Salsabila, N. N., Indraswari, N., & Sujatmiko, B. (2022). Gambaran Kebiasaan Merokok Di Indonesia Berdasarkan Indonesia Family Life Survey 5 (Ifls 5). Jurnal Ekonomi Kesehatan Indonesia, 7(1), 13.
Team, E., & Board, E. (n.d.). Perbandingan Efektifitas Pendidikan Kesehatan dengan Media Leaflet dan Audio Visual dalam Meningkatkan Pengetahuan Remaja tentang Pemeriksaan Payudara Sendiri (SADARI) Niluh Miftahul Janah, Endar Ti.
Umari, Z., Sani, N., Triwahyuni, T., & Kriswiastiny, R. (2020). Hubungan Pengetahuan dengan Perilaku Merokok Pada Siswa SMK Negeri Tanjungsari Lampung Selatan. Jurnal Ilmiah Kesehatan Sandi Husada, 12(2), 853–859
Bahar, H., Rahman, R., Paridah, P., Rachma, L., Warsyadi, F., Al Fitrah, T., Alfadat, R., Isdawati, I., Helvinawati, H., & La Doni, L. D. (2024). Gerakan Remaja Anti Rokok (GEMANTIK) Di Desa Sanggula Kecamatan Moramo Utara Tahun 2023. Jurnal Dedikatif Kesehatan Masyarakat, 4(2), 60-69. https://doi.org/10.22487/dedikatifkesmas.v4i2.850
Fulltext