Pemantauan Tumbuh Kembang Anak Baduta Stunting di Kelurahan Pengawu Kota Palu

Article History

Submited : October 23, 2022
Published : April 29, 2023

Anak yang memiliki awal tumbuh kembang yang baik akan tumbuh menjadi manusia dewasa yang lebih sehat, hal ini dipengaruhi oleh hasil interaksi faktor genetik dan faktor lingkungan. Pengabdian  dilaksanakan di Kelurahan Pengawu salah satu lokus stunting Kota Palu dengan jumlah anak Baduta pada tahun 2022 berjumlah 331 orang dan 54 orang (16,6%) diantaranya stunting. Status stunting saat ini hanya menggunakan indikator fisik  yakni panjang badan per umur (PB/U) dan tinggi badan per umur (TB/U) padahal jika kita meneliti definisi stunting  menurut WHO adalah gangguan perkembangan anak yang disebabkan oleh gizi buruk, infeksi berulang, dan simulasi psikososial yang tidak memadai. Tujuannya adalah membantu  petugas kesehatan melaksanakan screening komprehensif sebelum anak ditetapkan berstatus stunting hanya karena anak tersebut memiliki indikator fisik berupa PB/U dan TB/U dibawah -2 SD tanpa meneliti lebih jauh riwayat penyakit infeksi serta perkembangan psikososial anak.. Hasil pemantauan tumbuh kembang ditemukan bahwa dari 12  orang anak Baduta stunting yang memiliki indikator tumbuh kembang yang  tidak optimal berdasarkan nilai Z score, sebagian besar anak tidak memiliki riwayat penyakit infeksi (72,3%), serta 66,67% masih memiliki perkembangan psikososial yang baik. Hal ini berarti petugas kesehatan belum melaksanakan sepenuhnya pemantauan tumbuh kembang anak sebelum menetapkan status stunting pada anak tersebut, dengan pemantauan yang komprehensif petugas kesehatan  dapat memetakan masalah yang ada dan menentukan  terapi yang tepat  bagi setiap anak agar  dapat membantu anak tumbuh  kembang secara optimal.

Afrida and Aryani - 2022 - Hubungan Stunting terhadap Perkembangan Motorik Ba.pdf, n.d.
Daracantika, A., 2021. Systematic Literature Review: Pengaruh Negatif Stunting terhadap Perkembangan Kognitif Anak 1, 12.
Kementerian Kesehatan RI. Hasil-riskesdas-2018_1274.pdf, n.d.
Rahmidini, A., St, S., Keb, M., 2020. Literatur Review : Hubungan Stunting Dengan Perkembangan Motorik Dan Kognitif Anak 15.Situasi-Anak-di-Indonesia-2020.pdf, n.d.
Radhiah, S., Patui, N., & Mantao, E. (2023). Pemantauan Tumbuh Kembang Anak Baduta Stunting di Kelurahan Pengawu Kota Palu. Jurnal Dedikatif Kesehatan Masyarakat, 3(2), 1-6. https://doi.org/10.22487/dedikatifkesmas.v3i2.560
Fulltext