WASPADA LEPTOSPIROSIS DI DAERAH RAWAN BENCANA BANJIR DI SD NEGERI ROGO KECAMATAN DOLO SELATAN KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : September 26, 2023
Published : April 29, 2024

Ditinjau dari karakteristik geografis dan geologi wilayah , Indonesia adalah salah satu kawasan rawan bencana banjir dimana lebih dari 220 juta penduduk tinggal di daerah rawan banjir. Memasuki musim penghujan, masyarakat Indonesia diharapkan dapat bisa mulai waspada dengan datangnya bencana banjir, khususnya masyarakat yang tinggal di daerah rawan banjir. Hal ini dilakukan agar masyarakat dapat siap dan terhindar dari berbagai kemungkinan   terburuk   dari   datangnya   banjir,   salah    satunya    adalah terserang penyakit penyerta banjir, yaitu  penyakit Leptospirosis. Penyakit ini ditularkan melalui kencing tikus berupa bakteri yang masuk melalui kulit yang lecet atau selaput lendir pada saat kontak dengan banjir atau genangan air sungai hingga selokan dan lumpur. Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah merupakan salah satu daerah yang hampir setiap tahun terdampak banjir, Wilayah pasca bencana mudah tercemar oleh mikroorganisme yang datang dari berbagai sumber seperti pemukiman, pertanian dan pertenakan. SDN Rogo merupakan sekolah dasar yang berada di Desa Rogo dengan jumlah siswa kurang lebih 85 orang dan guru 9 orang. Rumusan masalah pada kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah“ bagaimana dampak edukasi terhadap peningkatan pengetahuan terkait bahaya Leptospirosis pada penyintas bencana di SD Rogo Tahun 2023”. Pengabdian ini bertujuan untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi penyintas bencana terkait penyebab dan cara mengantisipasi terjadinya penyakit Leptospirosis pada kondisi pasca bencana.Kegiatan Diawali dengan Pre tes untuk mengukur pengetahuan awal peserta terkait Leptospirosis dan setelah penyuluhan akan diakhiri dengan post tes untuk mengukur peningkatan pengetahuan peserta. Sasaran utama dalam penyuluhan ini adalah siswa-siswi SD Negeri Rogo kelas 4 dan 5. Hasil penyuluhan memberikan gambaran bahwa masih minimnya pengetahuan peserta terkait bahaya penyakit Leptospirosis yang bisa terjadi pada pasca banjir. Diharapkan agar lebih di giatkan lagi sosialisasi terkait bahaya penyakit penyerta pasca banjir khususnya di daerah rawan banjir.

 

Kata Kunci: Leptospirosis, edukasi sanitasi, bencana, banjir.

 

Adiyoso, Wignyo. UrgensiPendekatan Multi dan inter disiplinIlmudalamPenaggulanganBencana. BAPPENAS Working Paper. 2021: Volume 4 Nomor 2. DOI https://doi.org/10.47266/bwp.v4i2.104.
Anies, Hadisaputro S, Sakundarno MS &Suhartono, 2009. Lingkungan dan Perilaku pada Kejadian Leptospirosis. Media Medika Indonesia, 43(Nomor 6), pp.6–11.
Agus Priyanto, SoeharyoHadisaputro, Ludfi Santoso, Hussein Gasem SA. Faktor-Faktor Risiko Yang BerpengaruhTerhadapKejadian Leptospirosis (Studi Kasus di Kabupaten Demak). Epidemiologi. 2008:1-11.
Badan Meterology, Klimatology dan Geofisika, 2022. InformasiPerubahan Normal Curah Hujan. BMKG, Jakarta.
Dirjen P3L. Petunjuk Teknis Pengendalian Leptospirosis. III. Jakarta: DirektoratJenderalPengendalianPenyakit Dan PenyehatanLingkungan Kementerian Kesehatan RI. 2014.
DirektoratJenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2021. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah.
ErafzonSaptiyulda AS dan Muhammad Arshandi. BantuanKemanusian Civitas Akademika POLTEKKES KEMENKES Palu Untuk Korban BanjirBandang Rogo, Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Jurnal PKM Poltekia. 2022: Volume 3 Nomor 1.
Geoportal BNPB, G.B., 2022. Time Line BencanaTahun 2022. Jakarta.
https://www.kemkes.go.id/downloads/resources/download/pusdatin/profil-kesehatanindone sia/Profil-Kesehatan-2021.pdf. Diakses tanggal 12 Februari2023.
https://www.who.int/indonesia/id/news/detail/-leptospirosis-prevention-and-control-in-indo nesia. Diakses tanggal15 februari 2023.
Ibrahim, Sri A. 2020. LaporanPengabdianKepada Masyarakat “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Era New Normal”. Program Studi IlmuKeperawatanFakultasOlahraga dan Kesehatan Universitas Gorontalo.
Kemenkes RI, 2017. Petunjuktekhnispengendalian Leptospirosis. https://infeksiemerging.kemkes.go.id/download/Buku_Petunjuk_Teknis_Pengendalian_Leptospirosis.pdf. diaksestanggal 15 februari 2023.
Ristiyanto, Handayani FD, Boewono DT, Heriyanto B. PenyakitTularRodensia. Gadjah Mada University Press; 2014
Rusmini. Bahaya Leptospirosis (PenyakitKencing Tikus) & Cara Pencegahannya. Yogyakarta: PenerbitGosyen Publishing. 2011.
Wijaya, Chandra. PotensiBanjirBandang pada Wilayah Sigi Sulawesi Tengah Indonesia. Jurnal Borneo Enginering. 2021: Volume 5 Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.35334/be.v5i2.1838
Hasanah, H., & Wahid, R. (2024). WASPADA LEPTOSPIROSIS DI DAERAH RAWAN BENCANA BANJIR DI SD NEGERI ROGO KECAMATAN DOLO SELATAN KABUPATEN SIGI. Jurnal Dedikatif Kesehatan Masyarakat, 4(2), 70-77. https://doi.org/10.22487/dedikatifkesmas.v4i2.947
Fulltext