Penyuluhan Program GEMILA (Gerakan Memilah Sampah) Pada Siswa SDN 78 Kendari

Article History

Submited : January 4, 2023
Published : April 29, 2023

Sampah merupakan hasil dari kegiatan atau aktifitas manusia yang mempunyai dampak terhadap lingkungan. Pada dasarnya pengetahuan dalam mengolah sampah sudah harus diterapkan sejak dini. Jika sampah tidak diolah dengan baik maka berdampak buruk terhadap kesehatan manusia dan pencemaran lingkungan. Oleh karena itu, tujuan dari kegiatan ini adalah melakukan penyuluhan terkait sampah serta cara pengolahan atau pemilahannya kepada siswa siswi Sekolah Dasar Negeri 78 Kendari. Kegiatan penyuluhan ini dilakuan dengan cara memberikan media edukasi berupa poster yang bertujuan untuk menambah pengetahuan dan merubah sikap mereka. Berdasarkan hasil kuesioner pre-test dan post-test yang dilakukan, didapatkan perbedaan yang signifikan antara rata-rata pre-test dan post-test setelah diberikan penyuluhan  dengan t hitung (10,588) > t tebel (2,019) sehingga Ho ditolak. dengan demikian, terdapat perbedaan antara rata-rata hasil pre-test dan post-test. Hal ini berarti pemberian poster sebagai media dalam penyuluhan telah berhasil mengubah pengetahuan dan sikap mereka. Dengan demikian, edukasi terkait pemilahan sampah kepada murid-murid di sekolah-sekolah lain pun perlu dilakukan agar dapat mengetahui mengenai pengolahan dan pemilahan sampah yang tepat agar lingkungan terjaga dan derajat kesehatan dapat ditingkatkan.

Alpusari M. Analisis Kurikulum Pendidikan Lingkungan Hidup Pada Sekolah Dasar Pekanbaru. Prim J Pendidik Guru Sekol Dasar. 2014;2(02):10.
Antariksa,(2009 “Pengaturan Hukum Sumber Daya Air dan Lingkungan Hidup di Indonesia”, Alumni, Bandung.
Firmania,(2012).Pendayaan Waste Management “KajianLingkungan Indonesia” PT Citra AdityaBakti, Bandung.
Juliana, (2016). “Ilmu Lingkungan, Sarana Menuju Masyarakat Berkelanjutan”, Airlangga University Press, Surabaya.
Naqawi, Aly, (2008). Peranan siswa dalam lingkungan sekolah. Jurnal ilmu pendidikan. Sumatera.
Puspitasari RL, Sugoro I, Elfidasari D, Perdana AT. Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Daur Ulang Sampah pada Siswa Sekolah Dasar di SDN 03 Cempaka Putih, Ciputat, Tangerang Selatan. J Al-AZHAR Indones SERI SAINS DAN Teknol. 2018;4(2):91.
Simatupang MM, Veronika E, Irfandi A. Edukasi Pengelolaan Sampah : Pemilahan Sampah dan 3R di SDN Pondok Cina Depok. Pros Has Pengabdi Masy [Internet]. 2021;34–8. Available from: http://journal.undiknas.ac.id/index.php/partahttp://journal.undiknas.ac.id/index.php/parta.
Suptinjo, Kustandi, (2011). Media dalam proses pembelajaran dan edukasi.Jakarta.
Kementerian Negara Lingkungan Hidup K. Panduan Praktis Pemilahan Sampah Jakarta. Klh. 2015;
bahar, hartati, Muchtar, F., & Ahmad, L. (2023). Penyuluhan Program GEMILA (Gerakan Memilah Sampah) Pada Siswa SDN 78 Kendari. Jurnal Dedikatif Kesehatan Masyarakat, 3(2), 29-36. https://doi.org/10.22487/dedikatifkesmas.v3i2.609
Fulltext