PUZZLE EDUKASI PHBS BAGI ANAK PENYINTAS BENCANA DI SDN 1 ROGO KECAMATAN DOLO SELATAN KABUPATEN SIGI

Article History

Submited : September 27, 2023
Published : April 29, 2024

 Tahun 2022 terdapat 3.531 kejadian Bencana (1.524 merupakan kejadian banjir) dengan total korban meninggal 851 jiwa, luka- luka 8.726 orang, hilang 46 orang dan korban terdampak yang mengungsi sebanyak 5.492.046 orang (Geoportal BNPB, 2022). Tingginya potensi banjir di Indonesia disebabkan kondisi geografis, dimana terdapat lebih dari 5.000 sungai besar dan kecil dan 30% melewati kawasan padat penduduk dan berpotensi terjadinya banjir. Salah satu daerah yang hampir setiap tahun terdampak banjir adalah Desa Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi, Provinsi Sulawesi Tengah. Bencana akan diikuti munculnya pengungsian yang tidak didukung fasilitas sanitasi memadai, hal ini dapat memicu merebaknya wabah, sehingga pengetahuan PHBS khususnya kelompok rentan seperti anak-anak perlu ditingkatkan. Perubahan perilaku memerlukan tahap panjang dan konsisten, untuk mempercepat proses perubahan diperlukan upaya peningkatan pengetahuan dan sarana pendukungnya. Untuk itu, kami civitas akademika FKM UNTAD akan memberikan edukasi kepada siswa-siswi di SDN 1 Rogo, Kecamatan Dolo Selatan, Kabupaten Sigi terkait langkah-langkah PHBS minimal yang harus dilakukan pada kondisi pasca bencana. Pada kegiatan pengabdian ini kami menggunakan media edukasi berupa PUZZLE EDUKASI PHBS yang dibuat dari sampah atau barang bekas seperti karton dan kemasan plastik. hal ini dilakukan karena kondisi di Desa Rogo masih minim akses internet sehingga tidak memungkinkan untuk edukasi berbasis digital. Untuk mengukur perubahan pengetahuan siswa terkait kegiatan PHBS akan dilakukan pre dan post test. Kegiatan akan dikemas dalam bentuk games menggunakan PUZZLE EDUKASI PHBS sehingga lebih menarik minat siswa/siswi untuk menerima materi. Kami juga akan memberikan video tutorial pembuatan puzzle edukasi kepada pihak sekolah agar media belajar berbasis games ini dapat terus dilanjutkan dan ditingkatkan pihak mitra.

 

 

Adiyoso, Wignyo. Urgensi Pendekatan Multi dan inter disiplin Ilmu dalam Penaggulangan Bencana. BAPPENAS Working Paper. 2021: Volume 4 Nomor 2. DOI https://doi.org/10.47266/bwp.v4i2.104.
Agustin, M.D., Angga, S., Maruf, M.F., 2021. Pengembangan Media Puzzle Berganda Sebagai Supporting Daya Ingat Menghafal Huruf Alfabet Siswa Kelas I SDNegeri 2 Sengon. Jurnal Riset dan Inovasi Pendidikan Dasar 2.
Badan Meterology, Klimatology dan Geofisika, 2022. Informasi Perubahan Normal Curah Hujan. BMKG, Jakarta.
Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar Dan Menengah, 2021. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat di Sekolah.
Erafzon Saptiyulda AS dan Muhammad Arshandi. Bantuan Kemanusian Civitas Akademika POLTEKKES KEMENKES Palu Untuk Korban Banjir Bandang Rogo, Kabupaten Sigi Sulawesi Tengah. Jurnal PKM Poltekia. 2022: Volume 3 Nomor 1.
Fitriyanti, R., Sriprahastuti, B., Cicih, L.H.M., 2021. Intervensi Permainan Monopoli dan Diskusi Gizi Seimbang untuk Meningkatkan Pengetahuan dan Sikap Siswa Sekolah Dasar di Kabupaten Bogor. Jurnal Nutrition College 10. https://doi.org/10.14710/jnc.v10i3.30772
Geoportal BNPB, G.B., 2022. Time Line Bencana Tahun 2022. Jakarta.
Ibrahim, Sri A. 2020. Laporan Pengabdian Kepada Masyarakat “Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) di Era New Normal”. Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Olahraga dan Kesehatan Universitas Gorontalo.
Mawarni, Elita E. Edukasi Gizi "Pentingnya Sarapan Bagi Anak Sekolah". Warta Pengabdi. 2018 Volume 11 Issue 4 (pp 97-107).
Pitriani, P., Sanjaya, K., 2020. Buku Ajar Dasar Kesehatan Lingkungan. Nasmedia, Makassar.
Prasetyo, Ekawaty. Health Education On The Importance Of Washing Hands With Soap at SDN 10 Dungaliyo. JPKM. 2022: Volume 3 Nomor 1.E-ISSN 2774-3519.
Rubiyatno. 2020. Peranan Aktivitas Olahraga Bagi Tumbuh Kembang Anak. Program Studi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi IKIP-PGRI Pontianak.
UNICEF. 2020. Buku Saku Program PHBS di Layanan PAUD. Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini Direktorat Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Wijaya, Chandra. Potensi Banjir Bandang pada Wilayah Sigi Sulawesi Tengah Indonesia. Jurnal Borneo Enginering. 2021: Volume 5 Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.35334/be.v5i2.1838
Sanjaya, K., & Pitriani, P. (2024). PUZZLE EDUKASI PHBS BAGI ANAK PENYINTAS BENCANA DI SDN 1 ROGO KECAMATAN DOLO SELATAN KABUPATEN SIGI. Jurnal Dedikatif Kesehatan Masyarakat, 4(2), 87-94. https://doi.org/10.22487/dedikatifkesmas.v4i2.940
Fulltext