Pengetahuan dan Self-Efficacy Orang Tua dalam Persiapan Pertemuan Tatap Muka Terbatas di Tengah Pandemi Covid-19

Article History

Submited : Juni 1, 2023
Published : Agustus 31, 2023

Pembelajaran Tatap Muka Terbatas di sekolah mulai diberlakukan, sehingga membutuhkan persiapan termasuk pada orang tua siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektiftas edukasi mengenai protokol kesehatan selama pertemuan tatap muka terbatas tehadap pengetahuan dan efikasi diri orang tua siswa. Penelitian kuantitatif ini menggunkan metode pra eksperimen one group pretest-posttest dengan 74 sampel orang tua siswa SDN 001 Sungai Kunjang Samarinda. Pengumpulan data menggunakan kuesioner pre test dan post test online setelah diberikan edukasi tentang protokol kesehatan pada PTM terbatas. Analisis data menggunakan Wilcoxon Signed-rank Test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbedaan pengetahuan orang tua (p-value 0,000), namun tidak terdapat perbedaan self-efficacy (p-value 0,111) sebelum dan setelah edukasi. Pihak sekolah dapat memberikan penyampaian informasi secara berkala untuk meningkatkan pengetahuan orang tua demi menjaga ketahanan sekolah di era pasca pandemi.

1. Varela DG, Fedynich L. Leading Schools From a Social Distance: Surveying South Texas School District Leadership During the COVID-19 Pandemic. Vol. 38, National Forum Of Educational Administration And Supervision Journal. 2020.
2. UNICEF. COVID-19: Laporan baru UNICEF mengungkap setidaknya sepertiga anak sekolah di seluruh dunia tidak da [Internet]. New York; 2020. Available from: https://www.unicef.org/indonesia/id/press-releases/covid-19-laporan-baru-unicef-mengungkap-setidaknya-sepertiga-anak-sekolah-di-seluruh
3. Nugroho MM, Syamsuar A, Syamsuar A, Yunaryo HMA, Pramesti LA, Nurrudin M, et al. Analisis Kesiapan Pelaksanaan Kegiatan Pembelajaran Tatap Muka Di Indonesia Pada Tahun 2021. Journal Publicuho. 2020 Dec 28;3(4):523.
4. BPS Samarinda. Kota Samarinda Dalam Angka 2020. 2020.
5. Dinas Kesehatan Kota. Info Covid-19 [Internet]. Samarinda; 2021. Available from: http://dinkes.samarindakota.go.id
6. Powa NW, Tambunan W, Limbong M. Analisis Persetujuan Orang Tua Terhadap Rencana Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di SMK Santa Maria Jakarta. Jurnal Manajemen Pendidika [Internet]. 2021;10(2):101–11. Available from: https:http://ejournal.uki.ac.id/index.php/jmp|DOI:https://doi.org/
7. Ananda KS. Perilaku Pencarian Informasi Mengenai Kebijakan Sekolah Tatap Muka oleh Orang Tua Siswa di kota Malang.
8. Permana L, Ifroh RH. An Overview of Health Issue Tracking among Parents of School-Aged Children. Aulad: Journal on Early Childhood. 2022 Aug 18;5(2):263–72.
9. Handayani N, Kusumawati A, Musthofa SB, Isarabhakdi P. Correlates of Parents’ Readiness towards Inperson Schooling among Senior High School Students during COVID-19 Pandemic in Central Java, Indonesia. BIO Web Conf. 2022;54:00002.
10. Saefudin W, Sriwiyanti S, Mohamad Yusoff Sh. Role Of Social Support Toward Student Academic Self-Efficacy In Online Learning During Pandemic. Jurnal Tatsqif. 2021 Dec 9;19(2):133–54.
11. Nurrachmawati A, Permana L, Agustini RT. Pendampingan dan Fasilitasi dalam Mempersiapkan Pertemuan Tatap MukaTerbatas Sesuai Protokol Kesehatan di SDN 001 Sungai Kunjang Kota Samarinda. Jati Emas (Jurnal Aplikasi Teknik dan Pengabdian Masyarakat). 2021;5(3):79–84.
12. Liu Q, Zheng Z, Zheng J, Chen Q, Liu G. Health Communication Through News Media During the Early Stage of the COVID-19 Outbreak in China : Digital Topic Modeling Approach Corresponding Author : 2020;22.
13. Hardiningrum A, Shari D, Mariati P. Strategi Komunikasi Guru dan Orangtua Selama Anak Belajar Dari Rumah (BDR) di Masa Pandemi Covid-19. In: Seminar nasional pengabdian kepada masyarakat [Internet]. 2021. p. 7–14. Available from: https://bersamahadapikorona.kemdikbud.
14. Avery EJ, Park S. Perceived Knowledge as [Protective] Power: Parents’ Protective Efficacy, Information-Seeking, and Scrutiny during COVID-19. Health Commun. 2021;36(1):81–8.
15. Mahmudah FN, Putra ECS, Wardana BH. The impacts of covid-19 pandemic: External shock of disruption education and financial stress cohesion. FWU Journal of Social Sciences. 2021;15(2):42–64.
16. Tadese M, Mihretie A. Attitude, preparedness, and perceived selfefficacy in controlling COVID-19 pandemics and associated factors among university students during school reopening. PLoS One. 2021 Sep 1;16(9 September).
17. Rita Panaoura. Parental Involvement in Children’s Mathematics Learning Before and During the Period of the COVID-19. Social Education Research. 2020 Nov 13;65–74.
18. Darmawati S, Derlean A, Pendidikan Kimia Universitas Darussalam Ambon J. Efektivitas Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Ipa Dan Praktikumnya Ditinjau Dari Kemandirian Siswa. Jurnal Muara Pendidikan. 2022;7(2):295.
19. Supriatna U. Flipped Classroom: Metode Pembelajaran Tatap Muka Terbatas pada Masa Pandemi Covid-19. Ideas: Jurnal Pendidikan, Sosial, dan Budaya. 2021 Aug 19;7(3):57.