Pengembangan Media Promosi Kesehatan Tentang Bahaya Penggunaan Earphone Mahasiswa Universitas Airlangga Di Surabaya
Article History
Submited : November 21, 2020
Published : June 30, 2021
Penggunaan Earphone secara berlebihan beresiko terjadinya gangguan pendengaran. Pengguna terbanyak pada usia remaja hingga dewasa muda (mahasiswa). Berdasarkan hasil studi pendahuluan sebagian besar mahasiswa Universitas Airlangga belum mengetahui bahaya penggunaan Earphone dan belum adanya media promosi kesehatan mengenai Earphone. Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa sebelum dan sesudah diberi media dan mengetahui keefektifan antara sosial media instagram dan youtube dalam penyebaran media promosi kesehatan yang telah dibuat. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental. Sampel penelitian sebesar 100 orang dibagi menjadi dua kelompok menjadi 50 orang pengguna sosial media Instagram dan 50 orang pengguna sosial media youtube diambil menggunakan purposive sampling. Pengumpulan data meliputi karakteristik responden, media, hingga tingkat pengetahuan, sikap, dan perilaku terhadap penggunaan Earphone menggunakan kuesioner online. Analisis data menggunakan paired t-test untuk melihat perbedaan pengetahuan, sikap, perilaku sebelum dan sesudah diberi media dan independent t-test untuk melihat perbedaan pengetahuan, sikap, dan perilaku kelompok instagram dan kelompok youtube. Hasil penelitian menunjukkan terdapat perbedaan pengetahuan, sikap, dan perilaku antara kedua kelompok sebelum dan sesudah diberi media. Pada hasil uji keefektifan antara kedua kelompok menunjukkan bahwa tidak ada perbedaan signifikan pengetahuan, sikap, dan perilaku. Video animasi merupakan media yang efektif untuk meningkatkan pengetahuan, sikap, dan perilaku mahasiswa. Sosial media instagram dan youtube memiliki kekuatan yang sama. Saran dari peneliti adanya himbauan penggunaan Earphone bagi pihak kampus kepada mahasiswa.
2. World Health Organization. New WHO-ITU standard aims to prevent hearing loss among 1.1 billion young people (Internet). 2019 (cited 2019 Sep 15). Available from: https://www.who.int/news-room/detail/12-02-2019-new-who-itu-standard-aims-to-prevent-hearing-loss-among-1.1-billion-young-people
3. Heriyanto V, Kurniawan I, Tarmawan I, Studi P, Komunikasi D, Fakultas V, et al. Kampanye Menggunakan Earphone Yang Aman Untuk Mencegah Penyakit Gpab ( Gangguan Pendengaran Akibat Bising ) Di Kota Bandung Campaign Of Using Earphone Safely To Prevent Nihl ( Noise Induced Hearing Loss ) Diseases In Bandung City digunakan untuk mendengar. 2015;2(2):744–9.
4. Voge et al. Global, regional, and national incidence, prevalence, and years lived with disability for 310 diseases and injuries. 2016;
5. Badan Pusat Statistik. Jumlah Mahasiswa Perguruan Tinggi. 2019.
6. Hootsuited. Pengguna Media Sosial. 2019.
7. Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PDDikti). Jumlah Mahasiswa Universitas Airlangga (Internet). surabaya; 2020. Available from: https://pddikti.kemdikbud.go.id/mahasiswa
8. Rahayuningsih SU. Psikologi Umum 2. Jakarta: Gunadarma; 2008.
9. Salsabila ST, Mamat R, Suprihartona, Agung F, Safaatun GNE, Wardatul JE. Edukasi dengan media video animasi dan powepoint sayur dan buah. J Ris Kesehat. 2019;11(1):183–90.
10. Prasetya RD. Pengaruh Media Audiovisual (Video Animasi) terhadap Sikap Terkait Iklan Rokok Pada Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Palembang Tahun 2019. 2019;15–6.
11. Mardiana, Eddy Susanto, Hana Yuniarti JER. Penyuluhan Media Video Animasi Terhadap Perilaku Konsumsi Makanan Bergizi Seimbang Pada Murid Sekolah Dasar. J Kesehat. 2015;X:1.
12. Widarini DA. Pemanfaatan Media Sosial Dalam Sosialisasi Kesehatan Reproduksi Dan Nutrisi Untuk Perempuan. J Komun Pembang. 2019;17(1):92–101.
13. Mangole KDB, Himpong M, Kalesaran ER. Pemanfaatan Youtube Dalam Meningkatkan Pengetahuan Masyarakat Di Desa Paslaten Kecamatan Remboken Minahasa. J Acta Diurna. 2017;6(4):1–15.
14. Annisa Azlina, Martha Tri Lestari DSFA. Pengaruh Aktivitas Pada Instagram Terhadap Sikap Mahasiswi Pengguna Instagram Di Bandung (studi Pada Instagram Fashion Blogger Sonia Eryka Di Bandung). eProceedings Manag. 2015;2(2):2229–36.
15. David E, Sondakh M, Harilama S. Pengaruh Konten Vlog dalam Youtube terhadap Pembentukan Sikap Mahasiswa Ilmu Komunikasi. Acta Diurna (Internet). 2017;6(1). Available from: https://ejournal.unsrat.ac.id/index.php/index/index
16. Ferlitasari R. Pengaruh Media Sosial Instagram Terhadap Perilaku Keagamaan Remaja. 2018;61. Available from: http://repository.radenintan.ac.id/4221/1/SKRIPSI.pdf
17. Anida N. Pengaruh Tayangan Media Vlog Youtube. 2018;
18. Ifadah M. Pengaruh Penggunaan Media Sosial Youtube Terhadap Perilaku Positif Siswa Kelas 5 DI MI Nurul Iman Kebonsari Madiun Tahun Ajaran 2019/2020. 2020;(April). Available from: http://repositorio.unan.edu.ni/2986/1/5624.pdf