Pemanfaatan Pangan Lokal Sebagai Upaya Mewujudkan Ketahanan Pangan Melalui Pengabdian Kepada Masyarakat di Desa Rasau Jaya III

Article History

Submited : October 8, 2020
Published : October 9, 2020

Desa Rasau Jaya III merupakan bagian wilayah Kecamatan Rasau Jaya Kabupaten Kubu Raya yang melimpah akan hasil buah-buahan. Pisang merupakan buah yang memiliki tingkat produksi tertinggi di Kecamatan tersebut. Tingginya produksi pisang belum diimbangi dengan pemanfaatannya sebagai bahan pangan dan ditambah lagi pisang memiliki umur simpan yang singkat. Oleh sebab itu kegiatan Pengabdian Kepada Masyarat di Desa Rasau Jaya III dengan ibu-ibu anggota Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (PKK) ini memiliki tujuan mewujudkan ketahanan pangan melalui pemanfaatan pisang sebagai pangan lokal menjadi  bahan baku pembuatan es krim. Hasil pelaksanaan program menunjukkan bahwa tingkat kesukaan, tingkat kesulitan pengolahan, dan tingkat kemungkinan pengulangan dalam membuat es krim pisang menurut peserta secara berurutan adalah tingkat penerimaan rasa yang baik ( 27% sangat suka dan 73% suka); tingkat kesulitan rendah yang tinggi (20% sangat mudah, 70% mudah, dan 10% agak mudah); dan seluruh peserta menyatakan akan mengulang praktik pengolahan es krim pisang tersebut. Dengan demikian, pengolahan pisang sebagai bahan baku es krim diharapkan dapat meningkatkan upaya perwujudan ketahanan pangan dan meningkatkan konsumsi buah di tingkat keluarga.

[BPS]. 2017. Kecamatan Rasau Jaya Dalam Angka 2017. BPS Kabupaten Kubu Raya. Pontianak.
Fitrahdini, Sumarwan U, Nurmalina R. 2010. Analisis Persepsi Kosumen terhadap Ekuitas Merek Produk Es Krim. Jurnal Ilmu Keluarga dan Konsumen. 3(1):74-81.
Juliansyah T. 2019. Dinas Siap Kembangkan Inovasi Sektor Pariwisata di Kubu Raya. Diakses pada tanggal 4 April 2019. http://pontianak.tribunnews.com/2019/02/21/dinas-siap-kembangkan-inovasi-sektor-pariwisata-di-kubu-raya.
Mawardi R K. 2018. Keberhasilan Pemuda Rasau Jaya 3 Kembangkan Desa Wisata. Diakses pada tanggal 4 April 2019. http://rri.co.id/pontianak/post/berita/609091/daerah/keberhasilan_pemuda_rasau_jaya_3_kembangkan_desa_wisata.html.
Fulltext