Analisis Faktor Penyebab Perilaku Buang Sampah Sembarangan Pada Masyarakat Desa Kluncing, Banyuwangi

Desi Natalia Marpaung | Yudha Nur Iriyanti Bio | Diansanto Prayoga Bio
Article History

Submited : March 31, 2021
Published : March 29, 2022

Perilaku membuang sampah sembarangan berpotensi mengakibatkan kerusakan lingkungan dan berdampak pada kondisi kesehatan masyarakat. Sampah adalah sesuatu yang tidak lagi digunakan atau dibuang yang berasal dari sisah kegiatan manusia. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui apa saja faktor-faktor penyebab perilaku membuang sampah sembarangan pada masyarakat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengambilan data penelitian digunakan dengan metode indepth interview. Hasil penelitian menunjukkan perilaku membuang sampah sembarangan masih sangat tinggi di masyarakat dengan persentase sebesar 69%. Perilaku membuang sampah sembarangan pada masyarakat dipengaruhi oleh beberapa faktor yakni faktor sarana dan prasarana yang tidak tersedia dengan persentase sebesar 63%, kemudian tingkat pendidikan yang rendah sebesar 57%, dan kurangnya dukungan pemerintah desa dalam pengolahan sampah. Berdasarkan dari hasil survey masyarakat Desa Kluncing tahun 2019, perilaku membuang sampah sembarangan masih sangat tinggi yakni sebesar 69% dari total keseluruhan populasi. Berdasarkan hasil survey di Desa Kluncing tempat pembuangan sampah (TPS) tidak tersedia di lingkungan masyarakat dengan persentase sebesar 63%. Masyarakat Desa Kluncing membutuhkan sosialisasi serta penyuluhan mengenai proses pengolahan sampah agar dapat meningkatkan kesadaran dalam melakukan pengolahan sampah. Kesimpulan dari penelitian ini tingkat pendidikan berpengaruh terhadap rendahnya kesadaran masyarakat dalam mengelola sampah, dan dukungan pemerintah desa berupa penyediaan tempat pembuangan sampah (TPS) dapat menjadi solusi dalam mengatasi perilaku membuang sampah sembarangan.

 

 

Putra Hp, Wahid Sn. Pembuatan Trainer Tempat Sampah Otomatis Guna Menyiasati Masalah Sampah Di Lingkungan Masyarakat (Making Automatic Trash Trainer To Get Rid Of Waste Problems In The Community Environment). Jeee-U (Journal Electr Electron Eng. 2019;3(1):120.
2. Sari N, Mulasari Sa. Pengetahuan, Sikap Dan Pendidikan Dengan Perilaku Pengelolaan Sampah Di Kelurahan Bener Kecamatan Tegalrejo Yogyakarta. J Med Respati [Internet]. 2017;12(April):1907–3887. Available From: Http://Eprints.Uad.Ac.Id/8012/1/30-55-1-Sm.Pdf
3. Puspitasari Rl, Sugoro I, Elfidasari D, Perdana At. Pengabdian Kepada Masyarakat Pelatihan Daur Ulang Sampah Pada Siswa Sekolah Dasar Di Sdn 03 Cempaka Putih, Ciputat, Tangerang Selatan. J Al-Azhar Indones Seri Sains Dan Teknol. 2018;4(2):91.
4. Permana Bi, Ulfatin N. Budaya Sekolah Berwawasan Lingkungan Pada Sekolah Adiwiyata Mandiri. Ilmu Pendidik J Kaji Teor Dan Prakt Kependidikan. 2018;3(1):11–21.
5. Zambana Fl. Strategi Adaptasi Masyarakat Terhadap Sampah Limbah Rumah Tangga Dengan Mengaplikasikan 3r (Recycle, Reuse, Dan Reduce) Di Desa Jerowaru. 2019;1(1):99–105.
Marpaung, D., Iriyanti, Y., & Prayoga, D. (2022). Analisis Faktor Penyebab Perilaku Buang Sampah Sembarangan Pada Masyarakat Desa Kluncing, Banyuwangi. Preventif : Jurnal Kesehatan Masyarakat, 13(1), 47-57. https://doi.org/10.22487/preventif.v13i1.240
Fulltext