Penyelenggaraan Makanan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iia Palu

Article History

Submited : June 17, 2020
Published : June 17, 2020

Latar Belakang & Tujuan : Kualitas penyelenggaraan makanan diorientasikan kepada kepuasan konsumen dengan memperhatikan berbagai hal antara lain penampilan makanan, cita rasa dan variasi menu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang berhubungan dengan kepuasan narapidana terhadap penyelenggaraan makanan di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIA Palu. Bahan dan Metode : Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian Cross Sectional. Jumlah populasi yaitu 422 narapidana dan jumlah sampel yaitu 81 narapidana dengan menggunakan teknik Simple Random Sampling. Data dianalisis secara deskriptif yaitu analisis univariat dan bivariat, pada taraf kepercayaan 95% (p<0,05). Hasil : Responden menilai penampilan makanan yang kurang baik yaitu 24,69%, cita rasa makanan yang kurang baik yaitu 14,81%, dan variasi menu yang kurang baik yaitu 18,51%. Hal ini berarti bahwa penampilan makanan, citarasa makanan, dan variasi menu yang disediakan termasuk baik dan penilaian kepuasan terhadap penyelenggaraan makanan termasuk puas yaitu, 88,88%. Penelitian menunjukkan bahwa penampilan makanan berhubungan dengan kepuasan penyelenggaraan makanan (ρ=0,006), cita rasa makanan berhubungan dengan kepuasan penyelenggaraan makanan (ρ=0,000), dan variasi menu berhubungan dengan kepuasan penyelenggaraan makanan (ρ=0,009). . Kesimpulan : Semakin baik mutu makanan yang disediakan untuk narapidana, maka semakin puas pula terhadap penyelenggaraan makanan

Asrina, 2012, ‘Gambaran Tingkat Kepuasan Siswa Terhadap Mutu Hidangan di Asrama SMA Negeri 2 Tinggimoncong (Sekolah Andalan Sulsel) Kabupaten Gowa Provinsi Sulsel’, Skripsi, Universitas Hasanuddin, Makassar.

Chung, S, H, Yeom, H, S, & Sohn, C, M, 2007, The Improvement of Hospital Food Service in Quality and Costumer Satisfication by Using 6-sigma Strategy, Journal of Korean Diet Assoc, vol. 13, no. 4, page 331-344.

Ernalia, Y, 2014, Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Kepuasan Pasien Di Ruang Penyakit Dalam dan Ruang Bersalin Terhadap Pelayanan Makanan Pasien Di RSUD Mandau Duri, Jurnal Gizi, vol. 3, no. 1, hal 36-47.

Khan, Mahmood, 1987, Food Service Operation, An Avi Book, New York.

Marwati, 2010, Keamanan Pangan dan Penyelenggaraan Makanan, [http://staff.uny.ac.id/sites/default/files/Keamanan%20Pangan.pdf].

Moehyi, S, 1992, Penyelenggaraan Makanan Institusi dan Jasa Boga, Bhratara, Jakarta.

Mukrie, N, A, Ginting, Iskari, N, Augustina, H, & Ningsi, B, 1990, Manajemen Pelayanan Gizi Institusi Dasar, Akademi Gizi, Depkes RI, Jakarta.

Ode, W, A, Djunaidi, M, D, & Yustini, 2013, Gambaran Tingkat Kepuasan, Siswa terhadap Mutu Hidangan pada Penyelenggaraan Makanan di Sekolah Polisi Negara (SPN) Batua Polda Sulses Tahun 2013, Jurnal Media Kesehatan Masyarakat Indonesia, vol. 3, no. 2.

Purba, R, B, Grace, K, & Alfa C, L, 2013, ‘Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Tingkat Kepuasan Pasien pada Penyelenggaraan di BLU IRINA C Rumah Sakit Umum Pusat Prof. DR. R.D Kandau Manado’, Skripsi, Fakultas Kesehatan Masyarakat Sam Ratulangi Manado, Manado.

Sahin, B, Cesim, D, Abdul, K, T, & Yusuf C, 2006, Factors Affecting Satisfaction Level with the Food Services in a Military Hospital. Journal Medical System, vol 30, no. 5, page 381-387.

Santoso, S, & Anne, L, R, 2004. Kesehatan dan Gizi, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Suryawati, C, 2004, Kepuasan Pasien Rumah Sakit (Tinajauan Teoritis dan Penerapannya Pada Penelitian, Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, vol. 7, no. 4, hal. 189-194.

Wood, L, & West, B, B, 1988, Foodservice In Institutions Sixth Edition, Macmilian Publishing Company, New York.

Yoestini, Bayu, H, M, Rini, N, & Mustofa, K, 2007, Analisis Pengaruh Kualitas Produk dan Kualitas Layanan terhadap Kepuasan Konsumen (Studi Kasus pada Perumahan Puri Mediterania Semarang), Jurnal Studi Manajemen dan Organisasi, vol. 4, no. 2, hal. 92.
Oksandi, O., Rahman, N., & Arifuddin, A. (2020). Penyelenggaraan Makanan Di Lembaga Pemasyarakatan Kelas Iia Palu. Ghidza: Jurnal Gizi Dan Kesehatan, 2(2), 55-58. https://doi.org/10.22487/ghidza.v2i2.9
Fulltext